3.272 Napi Diusulkan Terima Remisi

5
ilustrasi remisi.(NET)

Sebanyak 506 orang narapidana di Lapas Muaro Padang dan 176 orang narapidana di Rutan Anakaie Padang diusulkan sebagai penerima pemotongan masa hukuman atau remisi HUT ke-76 Kemerdekaan RI.

Kepala Lapas Muaro Padang Era Wiharto mengatakan, jumlah narapidana di Lapas Muaro Padang per Rabu (10/8) sebanyak 950 orang. Dari jumlah itu, narapidana yang memenuhi syarat untuk diusulkan sebagai penerima remisi HUT Kemerdekaan RI ada 506 orang.
Rinciannya, remisi umum biasa sebanyak 293 orang, remisi terkait PP 99 tahun 2012 sebanyak 212 orang, dan remisi terkait PP 28 tahun 2006 hanya 1 orang.

Dia menyampaikan, 38 orang narapidana diantaranya diusulkan menerima remisi satu bulan, 64 orang narapidana dua bulan remisi, dan 172 orang narapidana 3 bulan remisi.
“Lalu, 140 orang narapidana kita usulkan terima remisi selama empat bulan, 71 orang lima bulan, dan 21 orang narapidana diusulkan terima remisi sebesar enam bulan,” ujar Era.

Terpisah, Kepala Rutan Anakaie Padang M Mehdi mengungkapkan, pihaknya mengusulkan sebanyak 176 orang narapidana sebagai penerima remisi HUT Kemerdekaan RI. Terdiri dari, remisi umum biasa sebanyak 170 orang narapidana dan remisi PP 99 tahun 2012 sebanyak 6 orang narapidana. Jika disetujui Kemenkumham, sebanyak 168 orang narapidana diantaranya belum langsung bebas namun masih menjalani masa pidana.

“Yang masih menjalani masa pidana ini macam-macam, kan itu ada yang diusulkan dapat remisi satu bulan hingga enam bulan, nah setelah dikurangi nanti ada yang masih sisa satu tahun, dua tahun, bahkan ada yang lebih dari dua tahun,” ujarnya kepada Padang Ekspres, kemarin.

Baca Juga:  Giliran Lapak PKL di Jati Ditertibkan

Sementara delapan orang narapidana bakal langsung bebas jika memang disetujui sebagai terima remisi HUT Kemerdekaan RI. “Kasusnya macam-macam, tapi kebanyakan pidana umum dan pidana-pidana pendek,” sebut Mehdi.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumbar, R Andika Dwi Prasetya mengatakan, sebanyak 3.272 orang dari total 6724 warga binaan di Sumbar per Selasa (10/8) diusulkan untuk menerima remisi pada HUT RI.

Setelah pengusulan maka Kemenkumham Sumbar tinggal menunggu penyetujuan serta keputusan dari Kementerian Hukum dan HAM RI. SK remisi yang telah disetujui nantinya akan diserahkan kepada para narapidana pada 17 Agustus 2021 mendatang.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumbar Ali Syah Bana menambahkan, 3.272 orang yang diusulkan sebagai penerima remisi itu berasal dari seluruh 23 UPT Lapas dan Rutan yang ada di Sumbar.

Dengan rincian sebanyak 3.250 orang diusulkan menerima pengurangan hukuman dari satu hingga enam bulan, sedangkan 22 sisanya adalah narapidana yang langsung mendapatkan kebebasan.

Dia mengemukakan pemberian remisi dihari kemerdekaan merupakan hak yang diberikan negara kepada warga binaan yang sedang menjalani hukuman. “Remisi diberikan kepada mereka yang berkelakukan baik selama menjalani masa hukuman, dan mengikuti program pembinaan di Lapas atau Rutan,” jelasnya.

Ali berharap remisi yang diterima oleh warga binaan nanti bisa dimanfaatkan dengan baik, sekaligus memotivasi agar terus berkelakuan baik saat menjalani sisa masa hukuman. (idr)