Agustus, Kartu Nikah Beralih Digital

27
ilustrasi kartu nikah digital.(NET)

Kartu nikah fisik akan diganti menjadi kartu nikah digital. Pasalnya, Kementerian Agama (Kemenag) pada bulan Agustus ini akan menghentikan penerbitan kartu nikah fisik. Sebagai gantinya, pasangan yang baru menikah nantinya akan mendapat kartu nikah digital.

Untuk di Kota Padang, Kepala Kemenag Padang Edi Oktaviandi mengatakan, sejak Senin (9/8) telah melakukan sosialisasi tentang kartu nikah digital ini ke seluruh Kantor Urusan Agama (KUA) yang ada di Kota Padang.

“Jadi pemberlakuannya sudah mulai hari ini (kemarin, red). Bagi pasangan pengantin yang telah menikah sudah bisa mendapatkan kartu nikah digital. Namun sejauh ini belum ada,” ujarnya kepada Padang Ekspres, Kamis (12/8).

Namun, lantaran kartu nikah fisik masih banyak tersedia di KUA yang ada di Kota Padang, maka selain kartu nikah digital pasangan pengantin juga tetap mendapat kartu nikah fisik dari KUA.

“Sepanjang kartu nikah fisik itu masih ada, jadi kita habiskan dulu stok yang ada. Supaya tidak mubazir. Jadi selain kartu nikah digital, juga kita berikan kartu nikah fisik,” ujarnya.

Baca Juga:  Pengecoran Jalan Bukit Aua Limau Manis Buka Wisata Agro Puncak Talao

Dia menambahkan, jika ketersediaan kartu nikah fisik nantinya telah habis maka pasangan yang telah menikah hanya mendapat kartu nikah digital. “Kemungkinan bulan September mendatang kartu nikah digital ini akan masif diberikan,” katanya.

Selain pasangan yang baru menikah, pasangan yang telah terlebih dahulu menikah juga bisa menerima kartu nikah digital. Dengan cara mengganti kartu nikah fisik ke kartu nikah digital dengan mendatangi KUA tempat menikah dan mengisi data pribadi.

“Secara prinsip, kartu nikah digital ini tidak ada yang beda. Cuma secara fisik memang berbeda, bentuknya seperti ATM dilengkapi foto dan barcode yang berisi data pasangan pengantin. Data ini terhubung ke Simkah (Sistem Informasi Manajemen Nikah, red),” terangnya.

Data ini bisa dicek di android masing-masing. Jadi nantinya tidak ada lagi yang sifatnya fisik seperti buku itu. Lalu kalau pergi jauh, tidak harus membawa kartu nikah fisik lagi. Cukup dengan memperlihat kartu nikah digital itu. (idr)