Dua Unit Rumah Ludes Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp 300 Juta

Petugas Dinas Damkar Padang melakukan pemadaman di Kompleks Andalas Makmur, Kelurahan Kubudalam, Parakkarakah, Padang, kemarin (13/1). (IST)

Dua unit rumah di Kompleks Andalas Makmur, Blok 12-13 RT 03 RW 03 Kelurahan Kubu Dalam Parak Karakah, Kecamatan Padang Timur, ludes terbakar, kemarin (13/1) sekitar pukul 12.00. Satu unit rumah lainnya terkena dampak.

Informasi yang dihimpun Padang Ekspres, diduga kebakaran terjadi akibat korsleting listrik. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun total kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

“Yang terbakar tiga unit rumah. Dua unit rumah diantaranya ludes terbakar, sementara satu unit lainnya terkena dampak,” kata Kepala Bidang Operasional Dinas Pemadam (Damkar) Kota Padang Basril kepada Padang Ekspres, kemarin.

Dia menambahkan, untuk memadamkan api pihaknya menurunkan sembilan unit armada dan 67 personel pemadam kebakaran. ”Kendala saat proses pemadaman tidak ada, hanya saja saat proses pemadaman banyak warga di sekitar lokasi kejadian sehingga cukup mengganggu,” imbuhnya.

Lebih lanjut Basril menyatakan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut. Namun, bencana kebakaran ini menimbulkan kerugian material bagi korban. ”Untuk total kerugian termasuk dugaan penyebab kebakaran kami serahkan kepada penyidik kepolisian setempat,” ungkapnya.

Baca Juga:  Rinold Thamrin Pimpin Forum Komunikasi Karyawan Semen Padang Group

Terpisah, Kapolsek Padang Timur AKP Afrides Roema mengatakan, berdasarkan penyelidikan pihaknya di lokasi kejadian, api pertama kali diketahui berasal dari plafon rumah yang ditempati oleh Koko, 39. ”Karena berasal dari atas loteng, bukan dari dapur atau kompor meledak, jadi penyebab kebakaran diduga karena arus pendek atau korsleting listrik,” kata Afrides saat dihubungi Padang Ekspres via telepon.

Dia mengatakan, pada saat kejadian, rumah itu tidak ditinggal dalam keadaan kosong. Ada sejumlah anggota keluarga dari rumah yang terbakar tersebut. ”Alhamdulillah korban jiwa tidak ada, hanya kerugian material aja, lebih kurang Rp 300 juta karena dua unit rumah hangus dan satu unit rusak ringan,” terangnya. (i/err)