Pasien Positif Covid-19 Bertambah 14 Orang

Ilustrasi Covid-19. (INTERNET)

Jumlah pasien positif virus korona (Covid-19) di Kota Padang menembus angka 203 pada Rabu (13/5). Peningkatan tersebut terjadi setelah adanya tambahan kasus baru pasien positif Covid-19 di Kota Padang 14 kasus.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar, Jasman Rizal mengatakan, hasil 14 tambahan kasus pasien positif Covid-19 tersebut merupakan pemeriksaan dari Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran (FK) Unand.

Adapun 14 kasus pasien positif Covid-19 tersebut yakni anak-anak berusia 9 tahun, warga Siteba, dengan status pelajar. Ia terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi sebelumnya. Saat ini melakukan isolasi mandiri di rumah.

Lalu wanita, 49, warga Kecamatan Padang Timur bekerja sebagai ASN. Ia terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi sebelumnya. Sekarang melakukan isolasi mandiri.

“Kemudian pria berusia 20 tahun, warga Kecamatan Padang Timur dan seorang mahasiswa wanita, 17, warga Padang Timur, status pelajar. Keduanya terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi sebelumnya dan saat ini dalam penanganan isolasi mandiri,” jelasnya.

Pasien selanjutnya seorang wanita, 15, warga Padang Timur, status pelajar dan pria, 12, warga Padang Timur, yang juga berstatus pelajar. Saat ini mereka melakukan isolasi mandiri di rumah.

“Lalu, dua orang pria asal Kelurahan Kuraopagang yang terdiri dari pria, 20 dan pria berusia 53 tahun. Mereka terinfeksi akibat kontak sebelumnya dengan pasien positif,” ungkapnya.

Lebih lanjut Jasman menyampaikan, pasien selanjutnya adalah pria, 16, warga Kuraopagang, status pelajar dan satu orang pria, 37, warga Limaumanih, pekerjaan pedagang, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi. Penanganan isolasi mandiri.

Kemudian pria, 24, warga Kelurahan Andalas. Ia terinfeksi karena pulang dari Pasar Raya Padang. Lalu, pria, 29, warga Kubu Marapalam, pekerjaan wiraswasta, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi sebelumnya.

Terakhir seorang pria, 18, warga Purus, berstatus mahasiswa dan wanita, 43, warga Bandarbuat, pekerjaan pedagang, terinfeksi dari kluster Pasar Bandarbuat. Saat ini keduanya melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Selain tambahan 14 kasus pasien positif, Jasman menyebutkan, juga ada satu kasus pasien positif yang meninggal dunia yakni pria, 57, warga Parupuktabing yang sebelumnya dirawat di RSUP M. Djamil Padang.

Kemudian di Kota Padang juga didapatkan dua pasien positif yang dinyatakan sembuh berdasarkan hasil pemeriksaan swab mulut dan tenggorokan sebanyak dua kali dan hasilnya negatif Covid-19.

“Dua pasien sembuh itu adalah pria, 28, warga Padang Timur yang dirawat di RSUD Rasidin Padang dan pria, 41, warga Kotolalang Kota Padang, pekerjaan tukang pijit, dan dirawat di RSUD Rasidin Padang,” jelasnya.

Berdasarkan data terkini perkembangan kasus Covid-19 di Kota Padang melalui website dinkes.padang.go.id tercatat saat ini ada 203 kasus positif Covid-19, 44 orang sembuh, 16 meninggal dunia, dan 60 orang negatif.

Sementara data jumlah Pelaku Perjalanan Daerah Terjangkit (PPT) ada 2064 orang dengan rincian 2 baru dipantau dan 24 orang selesai dipantau. Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) ada 93 orang, jumlah OTG ada 125 orang, dan PDP berjumlah 153 orang. (a)