DPD Asobsi Padang Dikukuhkan

26
PENGUKUHAN: Kepala DLH Padang Mairizon bersama pengurus DPD Asobsi Padang periode 2022-2025, Rabu (13/7).(IST)

Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Bank Sampah Indonesia (DPD Asobsi) Kota Padang periode 2022-2025 dilantik dan dikukuhkan, Rabu (13/7).

Sebanyak 23 orang pengurus DPD Asobsi Kota Padang ini dilantik oleh Ketua Umum Asobsi Wilda Yanti dan dikukuhkan oleh Wali Kota Padang diwakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang Mairizon di Aula Bagindo Aziz Chan.

Kepala DLH Padang Mairizon mengatakan pengelolaan sampah bukan hanya tentang penanganan sampah oleh pemerintah dan lembaga terkait, tapi meliputi upaya pengurangan dan pengelolaan dari sumber sampah sehingga tidak merusak lingkungan.

Pengelolaan sampah di Kota Padang sudah diupayakan semaksimal yang mampu dilakukan bahkan secara terus menerus berinovasi untuk perbaikan-perbaikan dalam penanganannya.

Namun tidak dipungkiri bahwa hingga saat ini, permasalahan pengelolaan sampah masih menjadi isu prioritas yang memerlukan pemecahan dan solusi bersama.

“Dari waktu ke waktu Pemko Padang menetapkan segala kebijakan dan inovasi dalam penanganan sampah untuk mendukung terwujudnya Kota Padang yang bersih, indah dan nyaman. Namun upaya penanganan tidak akan dapat optimal jika tidak seiring sejalan dengan upaya pengurangan sampah di sumber sampah,” ujar Mairizon.

Keberadaan Asobsi ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam upaya pengurangan sampah di sumber. Bank sampah yang ada dapat memaksimalkan perannya dan Asobsi dapat menjadi motor penggerak tumbuhnya bank sampah baru di setiap kelurahan bahkan di tingkat RW.

Asobsi sebagai organisasi masyarakat dapat mengoptimalkan peran sosialisasi dan edukasi, sehingga perilaku masyarakat terhadap pengelolaan sampah dari mindset “buang sampah” menjadi “kelola dan pilah sampah dari sumber”, karena persoalan terberat saat ini adalah masih rendahnya perilaku masyarakat dalam pengelolaan sampah.

Hadir dalam acara pelantikan dan pengukuhan ini, Korwil Asobsi Sumatera 2, penasehat, pengurus yang dilantik, direktur dan perwakilan Bank Sampah se-Kota Padang.

Sementara itu, Ketua DPD Asobsi Kota Padang Hendra Feddy mengatakan, DPD Asobsi Kota Padang merupakan organisasi tingkat Kota Padang yang baru saja terbentuk berdasarkan Musda dari 19 bank sampah anggota Asobsi di Kota Padang.

Dewan Pengurus Daerah Asobsi Kota Padang disahkan berdasarkan Surat Keputusan Asosiasi Bank Sampah Indonesia No. 026/DPP-ASOBSI/V/2022 tanggal 10 Mei 2022.

Baca Juga:  Andre Rosiade Bantu Istri Penjual Roti Bakar yang Terkena Kanker Payudara

“Asobsi merupakan mitra Pemko Padang dalam upaya pengurangan sampah dan menunbuhkan bank sampah bank sampah baru yang aktif, inovatif dan melakukan aksi nyata dalam pengurangan sampah di sumber sampah,” ujarnya.

Saat ini di Kota Padang terdapat 30 bank sampah aktif namun yang terdaftar sebagai anggota Asobsi baru 19 bank sampah. Selain itu juga terdata ada 8 bank sampah yang tidak aktif beroperasi.

Diharapkan 11 bank sampah aktif yang belum terdaftar ini segera dapat bergabung agar secara bersama-sama dapat saling bersinergi dan bermitra dengan Pemko Padang mewujudkan terkelolanya sampah dari sumbernya baik di sisi pengurangan, pemanfaatan maupun pendaurulangan sampah yang dihasilkan.

Sehingga sampah yang akan diangkut ke TPA dapat dikurangi. Dan menjadi tugas DPD Asobsi untuk melakukan identifikasi permasalahan penyebab tidak aktifnya beberapa bank sampah tersebut.

Acara pelantikan dan pengukuhan ini juga sekaligus dilaksanakan Rakerda untuk menyusun program dan kegiatan. Rakerda tersebut membahas tentang program dan kegiatan DPD Asobsi Kota Padang untuk 3 tahun ke depan.

DPD Asobsi Kota Padang meliputi 9 bidang yaitu Bidang Organisasi dan Kelembagaan, Bidang Penguatan dan Kepedulian Publik, Bidang Pelatihan dan SDM, Bidang Komunikasi dan Publikasi, Bidang Operasional Pengelolaan Bank Sampah, Bidang Usaha Kemitraan, Bidang Sarana dan Prasarana dan Bidang Industri Daur Ulang.

Rakerda diharapkan dapat melahirkan program percepatan pengurangan sampah di sumber sebagaimana target Jakstrada Kota Padang untuk tahun 2022 ini 26% pengurangan sampah, Padang Bersih Merdeka Sampah, meningkatkan kesehatan masyarakat serta berkurangnya sampah yang diangkut ke TPA.

Terpisah, Ketua Umum Asobsi, Wilda Yanti dalam arahannya menyampaikan, visi Asobsi adalah menjadi organisasi poros utama pengelolaan bank sampah yang unggul dengan reputasi global.

Karena itu gerakan bank sampah harus diperkuat di segala lini. Kehadiran DPD Asobsi Kota Padang adalah bagian dari komitmen bersama untuk turun menggerakkan bank sampah sampai ke akar rumput. (eri)