Kantor Inspektorat Ditutup Sementara, Seorang ASN Positif Covid-19

Petugas BPBD dan PMI Padang melakukan penyemprotan cairan disinfektan di Kantor Inspektorat Padang, kemarin. (Foto: IST)

Kantor Inspektorat Kota Padang ditutup sementara waktu menyusul ditemukannya salah satu Aparatur Sipil Negara (ASN) Inspektorat Padang yang dinyatakan positif virus korona (Covid-19), Kamis (14/5).

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Inspektorat Kota Padang, Andri Yulika kepada Padang Ekspres. Andri mengatakan, Kantor Inspektorat Kota Padang ditutup sementara waktu karena adanya salah satu ASN di instansi tersebut yang dinyatakan positif Covid-19.

Andri menyebut, pihaknya mendapatkan informasi tentang adanya satu ASN yang terinfeksi virus Covid-19 dari Dinas Kesehatan Kota (DKK) Kota Padang dua hari yang lalu.
Menurut informasi yang diterima, ASN itu terinfeksi Covid-19 dari suaminya. “Empat hari yang lalu, suami yang bersangkutan lebih dulu dinyatakan positif Covid-19, kemudian dua hari lalu ASN ini dinyatakan positif juga,” jelasnya.

Andri menjelaskan, karena ASN tersebut dalam 14 hari terakhir selalu datang ke Kantor Inspektorat Kota Padang, maka sesuai dengan protokol kesehatan, maka seluruh ASN dan karyawan di Inspektorat dilakukan pemeriksaan swab dan melakukan isolasi mandiri. “Ada sekitar 70 orang pegawai Inspektorat Kota Padang termasuk cleaning service yang dilakukan pengambilan swab mulut dan tenggorokan mereka untuk mengetahui hasilnya,” ungkapnya.

Ke-70 orang tersebut sudah diambil swab mulut dan tenggorokan mereka di tiga puskemas di Kota Padang yakni di Puskesmas Andalas, Padangpasir, dan Ambacang.  “Nah, sambil menunggu hasil pemeriksaan swab tersebut, kami mengambil keputusan untuk menutup sementara Kantor Inspektorat Kota Padang sampai hasilnya diketahui,” tukasnya.

Ia menambahkan, hasil swab 70 orang pegawai tersebut akan diketahui sekitar dua sampai tiga hari ke depan. “Pastinya kita harapkan hasilnya negatif semua, dan ASN kita yang dinyatakan positif bisa segera sembuh,” tuturnya.

Untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di Kantor Inspektorat Kota Padang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang dan PMI Kota Padang melakukan penyemprotan cairan disinfektan di setiap sudut kantor.

Kasi Kedaruratan BPBD Kota Padang, Sutan Hendra mengatakan, pihaknya telah melakukan penyemprotan cairan disinfektan bersama petugas PMI Padang di Kantor Inspektorat Kota Padang.

Ia menyebutkan, sebelumnya pihak Inspektorat telah melakukan penyemprotan cairan disinfektan terlebih dahulu saat kasus positif pertama dikonfirmasi. “Ya, tadi ada 13 petugas BPBD dan PMI Kota Padang yang melakukan penyemprotan cairan disinfektan di setiap sudut Kantor Inspektorat,” jelasnya.

Sutan menyampaikan, rencananya penyemprotan cairan disinfektan akan dilakukan lebih luas lagi di sekitar Inspektorat Kota Padang karena lokasi tersebut terdapat di beberapa kantor instansi pemerintah. “Lokasinya kan berada di kantor Balaikota lama, makanya kami akan melakukan penyemprotan ke kantor-kantor instansi lain,” ungkapnya. (Adetio Purtama-Padang Ekspres)