Langgar PSBB, 100 Orang Diamankan

Kasat Lantas Polresta Padang AKP Sukur Hendri Saputra mengamankan pelanggar SPBB di kawasan GOR H Agus Salim Padang. (Foto: Heru Irawan)

Selama 9 hari diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) jilid II di Kota Padang, setidaknya sudah 100 orang yang diamankan oleh Polresta Padang karena melanggar PSBB tersebut.

Ke-100 orang tersebut dibawa ke Polresta Padang dan difoto serta dimintai keteranganya. Tidak itu saja mereka juga mengisi surat perjanjian.

Kapolresta Padang Kombes Pol Yulmar Try Himawan mengatakan, setiap hari jajarannya selalu melakukan patroli berskala besar di wilayah Hukum Polresta Padang, masih banyak ditemukan orang-orang yang berkumpul. “Untuk hari ini ada sekitar 100 orang yang sudah kita amankan karena berkumpul-kumpul,” ujarnya.

Mereka terjaring di kawasan GOR H Agus Salim sedang bermain kartu, bahkan mereka juga tidak berpuasa. Selanjutnya mereka digiring ke Mapolresta untuk didata dan diberikan pembinaan.

Sebagai hukumannya, mereka tidak bisa membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Selain itu juga mendapatkan sanksi tidak bisa melakukan pengurusan perpanjangan SIM selama 6 bupan ke depan.

“Data keseluruhannya telah kita kantongi dan telah membuat surat perjanjian. Jika nanti ada yang dua kali kedapatan akan kita tindak tegas dengan memenjarakan mereka.
Jika kembali melakukannya akan dikenakan sanksi Pasal 93 UU Kesehatan atau Pasal 216 KHUP dengan ancaman empat bulan dua minggu kurungan,” katanya. (err)