Pasien Positif Covid-19 jadi 230 Orang

Lonjakan siginifikan jumlah pasien positif virus korona (Covid-19) di Kota Padang kembali terjadi. , Kamis (14/5), 27 kasus positif Covid-19 terkonfirmasi di Kota Padang. Jumlah tersebut merupakan kasus terbanyak yang ditemukan dalam satu hari di Kota Padang sejak ditemukannya pasien positif Covid-19 pertama kali pada bulan Maret lalu.

Diketahui, dari 27 kasus penambahan pasien positif Covid-19 di Kota Padang, kluster penularan Pasar Raya Padang masih mendominasi jumlah pasien positif Covid-19 di Kota Padang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Ferimulyani mengatakan, 27 kasus positif Covid-19 di Kota Padang merupakan hasil tracing atau penulusuran terhadap orang-orang yang pernah berkontak dengan pasien positif sebelumnya.

Ke-27 kasus positif Covid-19 tersebut merupakan hasil dari pemeriksaan swab mulut dan tenggorokan yng yang dilakukan oleh Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran (FK) Unand.  “Ya, hari ini ada 27 kasus tambahan positif Covid-19. Dengan adanya penambahan 27 orang itu, maka total kasus positif Covid-19 di Kota Padang berjumlah 230 kasus,” jelasnya.

Ferimulyani menjelaskan, 27 kasus positif Covid-19 baru di Kota Padang tersebut, 16 orang merupakan hasil pemeriksaan yang dilakukan pada klaster Pasar Raya Padang. “Ke-16 orang berasal dari klaster Pasar Raya Padang. Kami pun telah memulai melakukan pemeriksaan swab mulut dan tenggorokan pedagang Pasar Raya Padang. Untuk kluster Pagambiran untuk hari ini tidak ada,” ungkapnya.

Lebih lanjut Ferimulyani mengatakan, ke-16 orang positif Covid-19 dari kluster Pasar Raya Padang merupakan pedagang, karyawan toko, dan keluarga mereka. Ke-16 orang tersebut masuk dalam data 1000 pedagang yang diperiksa tersebut.

Berdasarkan data terkini perkembangan Covid-19 di Kota Padang melalui website dinkes.padang.go.id tercatat ada 230 kasus positif Covid-19 dengan rincian 86 orang dirawat di rumah sakit orang isolasi mandiri di rumah, dan 27 orang melakukan karantina.
Kemudian untuk jumlah pasien positif yang dinyatakan sembuh ada 45 orang, dan jumlah pasien yang meninggal dunia tercatat 16 orang.

Sementara untuk jumlah Pelaku Perjalanan Daerah Terjangkit (PPT) ada 2046 orang dengan rincian 1 orang baru dipantau dan 19 orang selesai dipantau. Sedangkan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) ada 108 orang dengan rincian 15 orang baru dipantau.

Untuk jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) ada 293 orang, dan jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada 164 orang dengan rincian 13 orang dirawat di RS, 17 orang isolasi mandiri, 35 dinyatakan positif, dan 7 orang meninggal dunia.

Dari puluhan kelurahan yang ditemukan kasus pasien positif Covid-19 di Kota Padang, terdapat 9 kelurahan yang keluar dari zona merah atau tidak ada ditemukan kasus positif Covid-19.

Sembilan kelurahan tersebut di antaranya adalah Kelurahan Jati, Anduring, Koronggadang, Tanjungsaba Pitameh, Seberangpadang, Indarung, Rimbokaluang, Batang Kabung, dan Pasie Nantigo. (a)