Dua Orang Positif Tes Swab di Pasar Raya

20
Ilustrasi positif Covid-19. (Foto: IST)

Dari 738 orang yang mengikuti tes swab massal jilid III yang digelar Dinas Perdagangan bersama Dinas Kesehatan di Pasar Raya Padang sejak 8 Juni-12 Juni, dua orang dinyatakan positif Covid-19.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Andree Algamar mengatakan, tes swab massal tersebut diikuti oleh pedagang di Pasar Raya Padang, pedagang pasar-pasar satelit, sopir angkutan kota dan masyarakat yang sering beraktivitas di kawasan Pasar Raya.

Dari 738 orang yang telah melakukan tes swab tersebut, dua orang yang dinyatakan positif Covid-19. Sebagian dinyatakan negatif Covid-19 dan lainnya masih menunggu hasil swab mereka dari Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran (FK) Unand.

Alhamdulillah sejauh ini hanya dua orang dinyatakan positif Covid-19, dan mereka telah dilakukan tindakan lebih lanjut oleh petugas kesehatan,” jelasnya.

Andree menyebutkan, bisa dikatakan pada tes swab massal tersebut, sekitar 80 persen orang yang telah melakukan tes swab dinyatakan negatif Covid-19 dan bisa melanjutkan aktivitas mereka berdagang di Pasar Raya Padang.

Dia mengungkapkan, sejak tes swab massal pertama digelar hingga terakhir ini tercatat ada 2.628 orang yang mengikuti tes swab dengan hasil positif sekitar 243 orang.

Meski demikian, pihaknya terus melakukan sosialisasi dan pengawasan kepada setiap pedagang di Pasar Raya Padang dan pasar satelit, serta pengunjung pasar untuk terus menggunakan masker ketika beraktivitas di pasar.

Pihaknya pun telah menempatkan sejumlah posko cek poin di seluruh pasar di Kota Padang yang bertugas untuk memantau dan mengawasi setiap orang yang beraktivitas di pasar untuk patuh melaksanakan protokol kesehatan.

“Mudah-mudahan usaha kita selama ini untuk memutuskan rantai penularan Covid-19 di klaster Pasar Raya Padang bisa terwujud sehingga roda perekonomian bisa kembali menggeliat,” ujarnya.

7 Orang Positif, 1 Meninggal, 6 Sembuh
Sementara itu, kasus positif terinfeksi virus korona (Covid-19) di Kota Padang, Minggu (14/6) bertambah 7 kasus. Dengan penambahan tersebut, total kasus positif Covid-19 di Kota Padang tercatat 484 kasus.

Di sisi lain, 6 warga Kota Padang yang terinfeksi positif Covid-19 juga dinyatakan sembuh setelah mendapat perawatan dan beberapa tes swab dengan hasil negatif.

Total pasien sembuh menjadi sebanyak 249 orang. Selain itu, 1 orang pasien positif Covid-19 dilaporkan meninggal dunia. Total 23 orang pasien positif Covid-19 meninggal dunia di Kota Padang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Ferimulyani Hamid menjelaskan, dari hasil tracking, lima dari tujuh kasus ini karena kontak dengan kasus positif sebelumnya dan dua dari klaster Pasarraya Padang.

“Ketujuh pasien berstatus orang tanpa gejala dan menjalani isolasi mandiri sementara,” ungkapnya (14/6/2020).

Dia menambahkan, 6 pasien positif Covid-19 di Kota Padang yang dinyatakan sembuh berasal dari Kelurahan Kubu Parak Dalam Parakkarakah, Sawahan Timur, Alai Parakkopi, Pagambiran, Purus, dan Kelurahan Padangpasir. “Sementara yang meninggal itu ada penyakit penyerta lainnya,” tukas Ferimulyani.

Berdasarkan hasil penulusuran pada situs resmi Dinkes Kota Padang dinkes.padang.go, data per Minggu (14/6), total kasus positif Covid-19 di Kota Padang tercatat 484 kasus. Dengan rincian, 91 orang dirawat, 45 orang isolasi di rumah, 76 orang menjalani karantina, 23 orang meninggal dunia, dan dinyatakan sembuh 249 orang. (a/i)