Lampu Merah Dinyalakan 3 Menit, Saat Pengibaran Bendera 17 Agustus

Sejumlah kendaraan berhenti di traffic light persimpangan Jalan Bagindo Aziz Chan. Pada tanggal 17 Agustus nanti, lampu merah pada traffic light akan menyala selama 3 menit saat pengibaran sang saka merah putih. (Sy Ridwan-Padang Ekspres)

Pemerintah Kota Padang akan menyalakan lampu lalu lintas berwarna merah saat pengibaran sang saka merah putih pada 17 Agustus nanti. Lampu berwarna merah akan menyala selama 3 menit dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan RI.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang Dian Fakri mengimbau warga Kota Padang tidak perlu bingung dan heran jika nanti lampu lalu lintas di Kota Padang akan tetap berwarna merah beberapa menit pada tanggal 17 Agustus 2020.

“Lampu lalu lintas di seluruh persimpangan jalan di Kota Padang akan tetap berwarna merah selama 3 menit. Ini dalam rangka memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan RI,” kata Dian Fakri, kemarin.

Ia menambahkan, lampu merah mulai dihidupkan dari pukul 10.17 sampai 10.20 pada saat pengibaran sang saka merah putih. Dian menyebutkan, selain lampu merah akan tetap menyala selama 3 menit, Dishub Kota Padang juga akan memperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia raya melalui Area Traffic Control System (ATCS) yang telah dipasang di tiang-tiang lampu lalulintas.

Baca Juga:  Bertemu IKWAL Padang, Nasrul Abit Ajak Rang Pasisia Pilih NA-IC

“Jadi saat pengibaran bendera merah putih melalui ATCS diperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia raya sehingga para pengendara kendaraan bermotor juga bisa mengikuti jalannya upacara bendera,” ujarnya.

Lebih lanjut Dian menyampaikan, dengan diterapkan hal tersebut diharapkan masyarakat khususnya pengendara kendaraan bermotor bersabar selama 3 menit sampai pukul 10.20.
“Jangan sampai nanti pengendara berpikir bahwasanya lampu lalu lintas mati atau tidak berfungsi. Kami juga meminta para pengendara kendaraan bermotor untuk tidak membunyikan klakson secara terus menerus,” jelasnya.

Petugas Dishub Kota Padang juga akan disiagakan di lampu-lampu lalu lintas di Kota Padang untuk mengatur lampu lalu lintas dan arus lalu lintas dengan koordinasi bersama petugas kepolisian.

“Kami pun telah melakukan sosialisasi tentang hal ini di berbagai media. Mudah-mudahan seluruh masyarakat Kota Padang yang mengendarai kendaraan bermotor pada waktu tersebut sudah mengetahui aktivitas tersebut,” ungkapnya. (a)