BBGRM di Kubumarapalam, Benahi Jalan dan Fasling Untuk Kenyamanan Warga

8
PERBAIKAN: Pengerjaan perbaikan jalan di Kelurahan Kubumarapalam.(IST)

Meskipun di tengah pandemi Covid-19, pembenahan maupun perbaikan infrastruktur terus dilakukan demi kenyamanan masyarakat. Seperti yang dilakukan Kelurahan Kubumarapalam melalui kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM). Seperti apa?

Masih banyaknya infrastruktur dan fasilitas lingkungan (fasling) yang tidak memadai di kelurahan menjadi fokus utama pemerintah Kelurahan Kubumarapalam untuk berupaya dalam membangun dan membenahinya.

Rencana pembangunan dan perbaikan tersebut diwujudkan pada program BBGRM tahun 2021. Kelurahan Kubumarapalam membangun dan memperbaiki sejumlah infrastruktur dan fasling di beberapa titik lokasi.

Lurah Kubumarapalam, Handryani kepada Padang Ekspres mengatakan, tahun 2021 ini Pemko Padang menganggarkan program BBGRM dan kegiatan pembenahan fasling untuk setiap kelurahan.

Pada program itu pihaknya mendapatkan dana sebesar Rp 35 juta. Anggaran yang didapatkan itu kemudian dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan seperti perbaikan dan pelebaran jalan, betonisasi jalan, dan pembenahan drainase dan berbagai kegiatan lainnya.

“Program BBGRM dan fasling ini aktif dilaksanakan kembali pada bulan Juni sampai Juli 2021. Kedua program ini menitikberatkan pada perbaikan jalan, pembuatan betonisasi dan pembenahan drainase sesuai dari usulan dalam musrenbang,” katanya.

Program manunggal BBGRM yang dilakukan berupa perbaikan beberapa ruas jalan yang belum tersentuh pembangunan. Tahun ini mulai dilakukan perbaikan agar memudahkan aktivitas warga sehari-hari.

“Pengecoran ini merupakan keinginan warga karena jalan ini kondisinya tidak memungkinkan lagi untuk dilalui, banyak jalan yang retak-retak, berlubang, ada gundukan dan kondisinya naik turun. Hal tersebut nantinya dikhawatirkan menimbulkan kecelakaan bagi warga yang melintasi jalan tersebut,” jelas Handryani.

Ia mengungkapkan, program manunggal BBGRM telah berjalan salah satunya perbaikan jalan berlokasi di Marapalam Raya IX RT 02 RW 06, dimana jalan tersebut merupakan akses tempuh masyarakat dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Baca Juga:  635 Anak Telantar di Luar Panti Terima Bantuan Perbaikan Gizi!

“Jadi program manunggal BBGRM ini dilakukan secara bergiliran. Jika bulan sebelumnya dilaksanakan di Jalan Marapalam maka untuk bulan depannya akan dilaksanakan di Jalan Kubu,” ungkapnya.

Selain itu dalam pelaksanaan program manunggal BBGRM, pihak kelurahan menyerahkan tanggung jawab kepada pihak lembaga swadaya masyarakat (LSM) untuk menyukseskan program manunggal BBGRM tersebut.

“Bantuan dan kerja sama mulai dari sumbangsih uang, tenaga, konsumsi, sarana dan prasarana serta bantuan lainnya. Saya melihat antara komponen yang ada di kelurahan Kubu Marapalam baik dari pemerintah kelurahan, RT, RW, serta warganya ada sinergritas untuk sama-sama mensukseskan program BBGRM,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, untuk kegiatan pembenahan fasling berupa betonisasi atau pembetonan jalan di Jalan Sutomo RT 01 RW 07 dan pembuatan infrastruktur drainase tertutup di Jalan Marapalam Indah RT 02 RW 08.

“Untuk program fasling, sistemnya juga sama seperti program BBGRM. Stimulus yang diberikan Pemko Padang sebesar Rp 35 juta. Jadi untuk dana juga berupa material lalu untuk pelaksanaan ditambah dengan swadaya masyarakat untuk kelancaran proses kegiatan tersebut,” katanya.

Sementara itu, program pembinaan kepada UMKM juga akan dilakukan di Kelurahan Kubumarapalam. Dari berbagai jenis UMKM yang tersebar di Kelurahan Kubumarapalam tentunya sangat berpotensi untuk dikembangkan, seperti kuliner saji, kuliner kemasan, kerajinan batik dan lainnya.

“Kami akan berupaya memfasilitasi dan memasarkan hasil usaha mereka dengan meminta bantuan kepada dinas-dinas dan instansi terkait,” pungkasnya. (***)