Gunakan Berbagai Platform, Jangkau Pendengar Lebih Luas

8
Penyulutan obor tri prasetya di LPP RRI Padang saat peringatan HUT RRI ke-76 dengan tema Tangguh Tumbuh Sehat dan Kuat Suarakan Indonesia.(IST)

Memasuki usia ke-76 Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (RRI) berupaya untuk menjangkau pendengar lebih luas dengan menyediakan berbagai platform mulai dari website streaming, youtube hingga media sosial lain.

Hal itu disampaikan Kepala LPP RRI Padang Khalidiraya. “Jadi RRI tidak hanya bisa didengar di radio saja, sekarang sudah ada RRInet, youtube, facebook, instagram untuk menjangkau pendengar yang lebih luas,” katanya.

Dia menambahkan, saat ini RRI Padang memiliki empat saluran yaitu Pro 1 untuk semua usia pada frekuensi 97,5 FM, Pro 2 berisi siaran hiburan untuk anak muda pada frekuensi 90,8 FM, Pro 3 pada 91,6 FM fokus pada pemberitaan nasional, dan RRI Pro 4 fokus pada kebudayan di saluran 92,4 FM.

Pada peringatan HUT ke-76 juga dilakukan penyulutan obor tri prasetya yang artinya api yang tak kunjung padam secara serentak di seluruh LPP RRI di Indonesia. Diawali dengan LPP RRI Pusat lalu diikuti LPP RRI daerah se-Indonesia.

“Sebagai angkasawan RRI kami menjunjung tri prasetya apapun yang terjadi harus tetap mengudara,” ujarnya.

Baca Juga:  Puluhan Titik Saklar Ilegal di Pantai Padang Dibongkar

Di sisi lain terkait dengan pemberitaan, Khalidiraya memastikan berita yang disiarkan terverifikasi dan tidak mengandung hoaks karena reporter RRI selalu melakukan pengecekan ulang kepada narasumber.

“Jadi berita RRI tidak asal-asalan, kami jami antihoaks dan RRI selalu menyajikan informasi yang tidak membuat gaduh serta meneduhkan,” terangnya.

Dia melanjutkan, ada dua RRI di Sumbar yaitu RRI Padang dan RRI Bukittinggi. Untuk RRI Padang hampir menjangkau hampir seluruh wilayah Sumbar dan yang berada di utara dijangkau oleh RRI Bukittinggi.

Pada masa pandemi RRI Padang menciptakan inovasi program belajar di RRI bersama guru keliling, tanggap bencana tentang pandemi Covid-19. Untuk anak muda juga ada program numpang nampang menampilkan anak-anak muda berbakat dan berprestasi.

“Program-program ini bisa didengar oleh masyarakat mulai dari pukul 05.00 hingga pukul 24.00,” tutup Khalidiraya. (idr)