Seorang Calon Peserta SKD Terkonfirmasi Positif Covid-19

9

Satu orang calon peserta ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2021 terpaksa ditunda pelaksanaannya ujiannya karena terkonfirmasi positif Covid-19 pada H-3 sebelum pelaksanaan ujian hari pertama.

Informasi itu diketahui setelah yang bersangkutan mengupload atau mengunggah hasil tes swab PCR-nya ke portal dan diterima oleh petugas Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Padang.

“Ya, ada satu orang calon peserta ujian yang terkonfirmasi positif Covid-19. Kami telah mendapatkan laporannya dari peserta tersebut,” jelas Kabid Pengadaan, Pemberhentian, dan Informasi ASN BKPSDM Kota Padang, Romy Elpa Segas kepada Padang Ekspres, kemarin.

Romy mengatakan, berdasarkan laporan tersebut pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) untuk mengatur ulang jadwal ujian SKD peserta yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut.

“Sesuai aturan, bagi peserta yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebelum pelaksanaan ujian SKD maka jadwal ujiannya akan diatur ulang dan dilaksanakan setelah sesi terakhir ujian pada tanggal 25 September mendatang,” katanya.

Sejauh ini baru satu orang calon peserta yang mengunggah hasil positif Covid-19 mereka ke portal. Dirinya berharap jumlah peserta ujian SKD CASN tahun 2021 dalam keadaan sehat dan dinyatakan negatif Covid-19.

Dijelaskan, sesuai aturan bagi peserta ujian SKD CASN yang dinyatakan positif Covid-19 maka bukti hasil positif Covid-19 tersebut harus dilaporkan kepada panitia ujian agar bisa diatur ulang jadwal ujiannya.

Baca Juga:  Jaringan Bermasalah, Ujian SKD Molor

“Sementara bagi peserta yang hasil tesnya negatif Covid-19 maka mereka harus membawa surat keterangan hasil negatif itu ketika akan ujian SKD,” ungkapnya.

Di sisi lain, jelang H-1 pelaksanaan ujian SKD CASN tahun 2021, sejumlah persiapan telah dilakukan oleh BKPSDM Kota Padang yang meliputi persiapan peralatan dan fasilitas ujian dan juga persiapan terkait penerapan protokol kesehatan (prokes) selama ujian berlangsung.

Romy menyampaikan, persiapan-persiapan yang telah dilaksanakan di antaranya koordinasi dengan Tim Satgas Covid-19 tentang penyediaan alat perlindungan diri (APD) seperti hand sanitizer, sabun cuci, alat pengukur suhu dan lainnya.

Persiapan juga telah dilakukan terhadap perangkat komputer dan jaringan internet yang akan digunakan oleh peserta ujian SKD CASN tahun 2021 di ruangan Computer Assisted Test (CAT) BKPSDM Kota Padang.

“Ada 50 unit komputer yang ada di ruangan tersebut. Kami pun telah melakukan ujicoba dan insya Allah dalam pelaksanaan nanti akan berjalan lancar dan aman,” ujar Romy.

Sementara itu berdasarkan surat dari BKN bahwasanya Kota Padang mendapatkan 4 sesi dalam hal pelaksanaan ujian SKD yang lokasinya dijadwalkan di ruangan Computer Assisted Test (CAT) Balaikota Padang.

“Dalam satu sesi itu nantinya ada sekitar 50 peserta yang mengikuti ujian SKD dengan menggunakan sistem CAT seperti biasanya,” tukasnya. (adt)