206 Inovasi Didaftarkan pada Ajang SPIE 2020

21
Tim Inovasi Semen Padang ketika mengikuti sebuah ivent inovasi beberapa waktu lalu.

Motivasi karyawan PT Semen Padang untuk bersaing di ajang Semen Padang Improvement Event (SPIE 2020) terus meningkat. Buktinya, hingga Januari sampai akhir September, sebanyak 206 judul inovasi & focus improvement telah masuk ke meja panitia.

Alhamdulillah, sebanyak 206 judul inovasi yang kami terima sudah diregistrasi sebagai peserta SPIE 2020. Jumlah judul inovasi ini akan terus bertambah, seiring masih adanya waktu untuk registrasi SPIE 2020 sampai akhir November. Namun, jika ada judul yang masuk pada Desember, kata Fery, maka judul tersebut diterima untuk dilanjutkan pada SPIE 2021,” kata Senior Total Productive Maintenance Officer (TPM) PT Semen Padang, Fery Sarvino, Kamis (15/10/2020).

Kemudian untuk pengumuman pemenang & Penganugerahan SPIE Award 2020, dilakukan Februari 2021, atau saat penutupan bulan mutu dan K3 Nasional. “Jadwal registrasi SPIE ini dimulai dari Februari sampai November. Sedangkan jadwal penilaiannya pada Desember sampai Januari. Begitu tahapan SPIE ini tiap tahunnya,” ujar Fery.

Ajang SPIE ini, merupakan salah satu strategi perusahaan untuk selalu bisa beradaptasi dengan perubahan dan menjadi competitive advantage (keunggulan bersaing) bagi perusahaan. “Selain menjadi strategi perusahaan SPIE ini bagi karyawan/ti juga menjadi media untuk terus berinovasi,” bebernya.

Staf TPM Officer PT Semen Padang Wan Setiawan membeberkan jumlah departemen yang ikut ajang SPIE 2020. Kata dia, dari 206 judul yang telah diregistrasi, paling banyak berasal dari Departemen Pemeliharaan sebanyak 73 judul.

Baca Juga:  Hari Pertama Operasi Zebra Singgalang, 80 Pengendara Kena Tilang

Sisanya, berasal dari Departemen Tambang 49 judul, Departemen Produksi Klinker 41 judul dan Departemen Produksi Semen 23 judul, serta Departemen Perencanaan dan Pengendalian Produksi sebanyak 11 judul dan sisanya dr 6 Departemen lain,” katanya.

Selain mendata departemen asal judul inovasi, TPM pun juga mencatat jumlah karyawan/ti yang ikut bersaing di SPIE 2020 ini. “Sampai September kemarin, jumlah karyawan/ti inovator yang akan ikut pada ajang SPIE tahun ini tercatat sebanyak 37 persen, atau 474 karyawan dari total 1.194 karyawan,” ujarnya.

Seperti diketahui, semangat melakukan improvement dan inovasi di PT Semen Padang tidak pernah surut. Guna mewadahinya, di Semen Padang setiap tahun digelar SPIE.

Bagi karyawan/tiyang meraih prestasi diikutkan pada ajang kompetisi inovasi di group SIG.  Tak hanya itu, para inovator PT Semen Padang yang berprestasi selain diikutkan pada ajang-ajang nasional, juga dikirim berkompetisi di tingkat internasional.

Inovasi yang dilahirkan selama ini telah berkontribusi meningkatkan profit perusahaan. Sementara tim unit kerja yang melahirkan inovasi, selain mendapat apresiasi karena diikutkan pada ajang nasional dan internasional, juga mendapatkan kesempatan menambah pengetahuan dan melakukan benchmarking terhadap inovasi dari perusahaan lain pada lomba inovasi yang mereka ikuti. (*)