Kelurahan Gates Nan XX Gelar Vaksinasi, Target 115 Warga Divaksin per Hari

14
LAMPAUI TARGET: Seorang warga menjalani vaksinasi di Kelurahan Gates Nan XX.(IST)

Pemko Padang gencar melaksanakan program vaksinasi Covid-19 dalam beberapa minggu terakhir. Untuk mendukung program tersebut, Pemerintah Kelurahan Gates Nan XX melakukan vaksinasi massal dengan target
100 orang.

Dalam beberapa hari terakhir, Pemko Padang membuka sentra vaksin massal dalam rangka percepatan program vaksinasi Covid-19 di Kota Padang. Salah satu daerah yang menyelenggarakan sentra vaksin massal itu yakni Kelurahan Gates Nan XX, Kecamatan Lubukbegalung (Lubeg).

Lurah Gates Nan XX, Ermanbe mengatakan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 berlangsung dari tanggal 11 sampai 16 Oktober 2021 mendatang. Kelurahan Gates Nan XX ditunjuk untuk menjadi salah satu kelurahan yang menyelenggarakan sentra vaksin massal.

“Sentra vaksin massal ini merupakan program dari Pemko Padang yang diselenggarakan di seluruh kelurahan di Kota Padang dari tanggal 11 hingga 16 Oktober,” jelasnya.

Ia menambahkan, sebelum menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 massal, pihaknya terlebih dahulu melakukan koordinasi dengan seluruh ketua RT dan RW untuk menyampaikan kepada warga mereka tentang tempat dan jadwal pelaksanaan kegiatan vaksin massal itu.

Selain melakukan koordinasi, Pemerintah Kelurahan Gates Nan XX juga melakukan sosialisasi dan edukasi tentang pentingnya vaksinasi Covid-19. Dalam pelaksanaan sosialisasi dan edukasi, pihaknya dibantu oleh Ketua RT, RW, tim kesehatan dari Puskesmas dan instansi terkait lainnya.

Ermanbe juga mengungkapkan, selama pelaksanaan sosialisasi dan edukasi dilaksanakan, warga Kelurahan Gates Nan XX menerima dengan baik informasi yang disampaikan tersebut. Hal itu merupakan salah satu bentuk dukungan warga terhadap pelaksanaan program Pekan Vaksinasi Covid-19.

“Dan hal itu terbukti ketika pelaksanaan vaksinasi di hari pertama, banyak warga yang sangat antusias mengikuti kegiatan vaksinasi ini, bahkan hingga saat ini masih banyak warga yang datang untuk melakukan vaksin,” katanya.

Baca Juga:  Menyentuh Rasa, Mengembangkan Kreativitas

Dalam pelaksanaan vaksinasi massal, pihaknya ditargetkan oleh kecamatan untuk bisa melakukan vaksinasi Covid-19 terhadap 100 warga per harinya. Namun karena antusias masyarakat yang sangat tinggi, Kelurahan Gates Nan XX berhasil mencapai target itu bahkan melampaui batas target yang telah ditentukan oleh pihak kecamatan.

“Ternyata setelah kegiatan itu dilaksanakan, target yang awalnya hanya 100 orang per hari telah melampaui batas hingga 115 orang per harinya. Kami tentunya merasa sangat senang karena warga benar-benar mendukung program yang diadakan oleh kelurahan,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, untuk hari selanjutnya pihaknya akan menargetkan sekitar 200 warga yang divaksin per hari. Maka untuk mencapai target tersebut, pemerintah kelurahan akan terus mengimbau kepada seluruh warga yang ada di Kelurahan Gates Nan XX untuk segera melakukan vaksinasi.

Di sisi lain berdasarkan data yang diperoleh dari kelurahan, kasus warga terkonfirmasi positif Covid-19 mengalami penurunan yang cukup drastis dalam dua bulan terakhir. Jumlah warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 hanya satu orang pada bulan September.

“Pada bulan September, satu warga kami dinyatakan positif Covid-19 setelah melakukan tes swab di rumah sakit (RS). Kemudian yang bersangkutan memilih untuk melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah,” ujar Ermanbe.

Ia menambahkan, setelah melakukan isolasi selama dua minggu warga tersebut telah sembuh dan dinyatakan negatif. “Dan untuk bulan ini, Alhamdulillah belum ada kasus warga yang terkonfirmasi positif Covid-19,” tukasnya. (***)