Tingkatkan Pendapatan, Pohlahsar Diberi Bantuan

11
BANTUAN: Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Guswardi didampingi kabid menyerahkan bantuan peralatan kepada perwakilan Kelompok Pedagang Ikan Pantai Purus, Senin (28/11).(IST)

Pemko Padang melalui Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang memberikan bantuan sarana dan prasarana pengolahan dan pemasaran kepada Kelompok Pengolah dan Pemasar Ikan (Poklahsar) pedagang ikan Pantai Purus dan Poklahsar Kreatif Mandiri di Kelurahan Purus, Senin (28/11).

Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang, Guswardi kepada Padang Ekspres mengatakan bantuan tersebut dalam rangka meningkatkan pendapatan Poklahsar.

Untuk kelompok pedagang ikan Pantai Purus diberikan sarana untuk pemasaran ikan berupa fish box kapasitas 220 liter sebanyak 28 buah, timbangan duduk kapasitas 20 kg sebanyak 28 buah dan sepatu boot sebanyak 28 pasang.

Sedangkan untuk Kelompok Pengolah Ikan Kreatif Mandiri telah diberikan peralatan memasak olahan perikanan dan sekaligus memberikan pelatihan aneka olahan makanan berbahan baku dari ikan bakso ikan, naget dari ikan, abon ikan dan teri selimut.

Peralatan memasak yang diberikan kepada Poklahsar Kreatif Mandiri yakni berupa freezer kapasitas 100 liter sebanyak 1 unit, dandang besar 1 unit, kuali aluminium 1 unit, pisau vicenza 1 set, timbangan digital double display kapasitas 30 kg sebanyak 1 buah, mixer stanles steel berdiri 1 buah, penggiling daging 1 unit, pelatihan pengolahan perikanan sebanyak 2 kali.

Baca Juga:  Persiapan Penas KTNA, Rumah Warga ”Disewa” Rp150 Ribu

“Ke depan diharapkan Poklahsar ini bisa menjual aneka olahan masakan dari ikan di sepanjang Pantai Purus ini, bisa dijadikan sebagai oleh-oleh bagi pengunjung wisata di Pantai Purus yang merupakan tempat kunjungan wisata bagi masyarakat baik yang berasal dari luar Kota Padang maupun di dalam Kota Padang sendiri,” ungkapnya.

Diharapkan bantuan ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar Pantai Purus Padang untuk ke depannya. (cr5)