Bertambah 19 Orang, Pasien Positif Covid-19 Capai 249 Orang

(Foto: Jawa Pos)

Kota Padang kembali mencatat penambahan pasien positif virus korona (Covid-19) sebanyak 19 kasus positif baru, Jumat (15/5/2020). Dari 19 kasus positif Covid-19 baru tersebut, 15 di antaranya berasal dari klaster penularan Pasar Raya Padang.

Ke-19 kasus positif Covid-19 yang terkonfirmasi pada hari Jumat merupakan hasil tracking yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Padang terhadap klaster penularan Pasar Raya Padang dan hasil pemeriksaan swab mulut dan tenggorokan oleh Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran (FK) Unand.

Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal mengatakan, di Kota Padang terdapat 19 kasus positif Covid-19 baru yang terkonfirmasi. Penambahan didominasi oleh penularan Covid-19 terbanyak di Kota Padang yaitu di klaster Pasar Raya Padang.

“Dari 19 kasus baru yang terkonfirmasi, ada 15 kasus yang berasal dari klaster penularan Pasar Raya Padang, selebihnya merupakan kasus kontak pasien positif sebelumnya,” jelasnya.

Jasman merinci 15 kasus positif Covid-19 yang berasal dari klaster penularan Pasar Raya Padang adalah pertama, pria, 52, warga Lubukbuaya, pria, 46, warga Dadok Tunggulhitam, pria, 54, warga Kelurahan Padangpasir, dan seorang pria berusia 51 tahun warga Kalumbuk.

“Kemudian, wanita, 60, warga Pegambiran, pria, 50, warga Koronggadang, wanita, 19, warga Flamboyan yang seorang karyawan toko di Pasar Raya Padang, wanita, 59, warga Flamboyan,” ungkapnya.

Selanjutnya, wanita, 52, warga Flamboyan, wanita, 20, warga Flamboyan, pria, 49, warga Tanahsirah, wanita, 54, warga Banuaran, wanita, 49, warga Ulakkarang, status IRT, diduga terpapar dari adik kandung yang berdagang di Pasar Raya Padang, pria, 57, warga Alai Parak Kopi, dan pria, 25, warga Jalan Veteran Padang.

“Saat ini 15 orang pasien positif Covid-19 dari klaster penularan Pasar Raya Padang untuk sementara melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing dan mendapatkan pengawasan dari petugas kesehatan,” paparnya.

Lebih lanjut Jasman menyampaikan, empat pasien positif Covid-19 lainnya adalah wanita, 13, warga Balaigadang, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, wanita, 39, warga Bandarbuat, pekerjaan tenaga kesehatan, dan pria, 25, warga Lubuk Minturun, pekerjaan Polri, diduga terpapar dari pekerjaan.

“Keseluruhannya saat ini sementara melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dengan adanya penambahan sebanyak 19 kasus positif Covid-19 di Kota Padang, maka total kasus positif Covid-19 berjumlah 249 orang.

Selain penambahan kasus positif baru, di Kota Padang juga dikonfirmasi 2 orang pasien positif yang dinyatakan sembuh berdasarkan hasil pemeriksaan swab sebanyak 2 kali dan hasilnya negatif. Saat ini total pasien yang dinyatakan sembuh ada sebanyak 47 orang. (a)