Is Prima Nanda Serahkan APD Karya Mahasiswa KKN Tematik Unand ke Pemko Padang

21
Mahasiswa KKN Tematik Unand memperagakan cara kerja pencuci tangan otomatis pakai sensor.

Komitmen untuk ikut mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) di Kota Padang, Wakil Dekan III Fakultas Teknik Unand Dr Ir Is Prima Nanda Rangkayo Ganto Suaro MT, menyerahkan alat pelindung diri (APD) karya mahasiswa KKN Tematik Unand ke Pemko Padang, Selasa (16/6/2020).

Bantuan berupa face shield sebanyak 150 buah, handsanitizer 10 botol, handsoap 20 botol, alat handsoap otomatis 1 set, dan alat cuci tangan otomatis (pakai sensor) 1 set, dan diterima Wakil Walikota Padang Hendri Septa BBus MIB, di Palanta Rumah Dinas Walikota Padang Jl M Yamin.

Wawako Hendri Septa menyampaikan, Pemko Padang telah berupaya maksimal agar penyebaran Covid-19 dapat ditekan. “Kita harap masyarakat patuh, kalau tidak, kita khawatir terjadi lagi peningkatan pasien Covid-19,” ujar wawako.

Jadi, sebut Wawako Hendri, dengan telah masuknya Kota Padang ke era new normal, maka semua orang harus patuh dan disiplin dengan protokol kesehatan.

Hendri menyampaikan terima kasih kepada Unand, dan mengapresiasi karya mahasiswa. “Kalau bisa karya ini dipatenkan,” tukasnya.

KKN Tematik

Is Prima Nanda yang juga Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mahasiswa KKN Tematik Fakultas Teknik menyampaikan, selama ini mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) berada di lokasi selama 2 bulan, tapi karena masa pandemi Covid-19, KKN mahasiswa disebut dengan KKN Tematik, dimana mahasiswa membuat tugas-tugas yang berhubungan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“APD yang diberikan ke Pemko Padang hari ini semuanya merupakan hasil karya mahasiswa Fakultas Teknik, dan Fakultas Pertanian Unand yang sedang melakukan KKN Tematik,” ucapnya.

Begitu juga disampaikan koordinator Tim Mahasiswa KKN Tematik Syahdatan Jordan, yang berharap temuan APD ini bisa digunakan secara maksimal. “Mudah-mudahan hasil karya ini bisa mencegah penyebaran Covid-19,” ujar Jordan, diamini mahasiswa lainnya Ivan Rasyid, Sari Kurnia Ilahi, dan Husen.

Dalam kesempatan ini, mahasiswa memeragakan cara kerja pencuci tangan otomatis (automatic hand washer) pakai sensor kepada Wawako Padang Hendri Septa, yang didampingi staf dari Dinas Perdagangan dan Bagian Humas Pemko Padang.

Rencananya bantuan tersebut akan diberikan kepada para pedagang, atau ditempatkan di pasar-pasar. Turut hadir perwakilan pedagang dari Pasar Raya dan Pasar Tanah Kongsi Padang, Heryanto Rustam, dan Fachril Murad, pengurus AFTA (alumni Fakultas Pertanian Unand). (hsn)