Kembali Viral di Medsos, Pelarian Izet Berakhir di Salimpaung

14
RILIS: Izet, di Mapolda Sumbar saat rilis kemarin. Ia kembali viral di medsos setelah minta maaf.(RIDWAN/PADEK)

Pelarian Izet, 37, pelaku pungli sopir truk di PPI Indarung yang viral di media sosial berakhir di tangan Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumbar, kemarin (17/5).

Ia ditangkap di Jorong Nan IX, Naragi Salimpaung, Kecamatan Salimpaung, Kabupaten Tanahdatar. Direktur Reserse Kriminal Umum (Ditreskrium) Polda Sumbar Kombes Pol Imam Kabut menyebutkan, penangkapan pelaku sempat menyulitkan petugas karena sempat melarikan diri.

“Pelaku kita tangkap di Kabupaten Tanahdatar, tepatnya di belakang rumah saudaranya. Pelaku sebelumnnya sempat kabur, saat kita tangkap pada malam hari kemarin (Rabu malam, red),” ungkap Kombes Pol Imam Kabut.

Imam menjelaskan, saat penggerebekan oleh Tim Opsnal Polresta Padang sekira pukul 23.30, di rumah adik istri pelaku dan pelaku melarikan diri.


“Sekitar pada pukul 00.30, Tim Resmob Ditreskrimum Polda sampai di lokasi langsung melakukan penyisiran di semak-semak kebun, sawah, sungai, dan perbukitan sampai pukul 06.30. Namun tersangka belum ditemukan,” ujar Imam.
Lalu, Tim Resmob Polda Sumbar melakukan penyisiran di sungai Pincuran 7 Nagari

Supayang, Kecamatan Salimpaung dan Tim Resmob melihat pelaku naik ke arah perkampungan. “ Pelaku kita amankan di Jalan Raya Supayang, Tabekpatah, di depan Masjid Ikrar, setelah tim kita melakukan pengejaran terhadap pelaku yang kabur,” ungkap Imam yang juga Tim Satgas Pungli ini.

Ia menjelaskan, kasus berdasarkan laporan korban, yakni sopir truk yang melaporkan ke Polda Sumbar, Rabu, (14/7). Dalam laporan yang nomor polisi LP/B/272/Vll2021/ SPKT-SBR tanggal 11 Juli 2021.

“Atas laporan tersebut, Unit lll Subdit IV melakukan penyelidikan serta pemeriksaan barang bukti, maka setelah ditemukan adanya tindak pidana maka dari tahap penyelidikan menjadi ke penyidikan,” jelasnya.

Pelaku akan dijerat Pasal 368 KHUP tentang pengancaman. “ Barang siapa dengan maksud menguntungkan diri sendiri atau orang lain dengan melawan hak, memaksa orang dengan kekerasan atau ancaman kekerasan, supaya orang itu memberikan barangnya yang sama sekali atau sebagian termasuk kepunyaan orang itu sendiri kepunyaan orang lain atau supaya orang itu membuat hutang atau menghapus piutang, dihukum karena memeras, dengan hukuman penjara selama-lamanya 9 tahun,” tukasnya.
Kembali Viral

Baca Juga:  Andre Rosiade Bantu Keluarga Isoman. Rijal IC: Gerindra Memang Beda

“Demam” Izet di kalangan netizen media sosial belum berakhir. Setelah ditangkap aparat Polda Sumbar, Izet kembali viral di medsos. Ini setelah video Izet minta maaf dan mengatakan hobinya sekarang adalah shalat dan mengaji. Bukan lagi mabuk dan berkelahi.

“ Saya meminta maaf kepada semua masyarat, atas tindakan saya terutama kepada sopir yang saya palak dan saya menyesal atas tindakan saya ini. Izet dulu hobinya mabuk dan berkelahi setelah ditangkap oleh polisi hobi shalat dan mengaji,” ujar pria berambut ikal tersebut.

Pria yang mengenakan baju warna putih itu juga berjanji tidak akan mengulangi lagi perbuatannya. Ia juga mengaku, selama pelarian ia tidak sanggup melihat media sosial yang telah banyak terpampang wajahnya.

Disisi lain, pascapenagkapan Izet kembali menjadi trending topik (viral) di beberapa akun media sosial di Sumbar, seperti di instagram Infosumbar tertangkap pelaku pungli ini ditonton sekitar 334,757 ribu orang dengan narasi Polda Sumbar berhasil meringkus pelaku pemalakan sopir truk di PPI Indarung Padang.

Diakun media sosial lainya pdg24jam yang bertuliskan “yang mananyo Izet, ko’a” ditonton oleh sekitar 24.505 netizen. Diakun ini berbagai tanggapan dilontarkan oleh netizen, seperti @indera_62 mengatakan “tolong tanyo ciek diak, apo hobi izet kini, dan @satrya_byopad20 menyebutkan “Lah jadi artis izet yo.. mintak selfi urang ka Izet haa. (rid)