Minta Sumbangan Covid-19, Dua Pemuda Diringkus

Kedua pelaku saat dimintai keterangannya di Mapolsek Nanggalo, kemarin. (IST)

Polsek Nanggalo mengamankan dua orang pemuda yang meminta sumbangan mengatasnamakan bantuan untuk Covid-19. Namun ternyata uang sumbangan dari masyarakat digunakan untuk kepentingan pribadi.

Kedua pemuda tersebut yakni berinisial Z, 31 dan E, 24. Warga Kecamatan Nanggalo ini diamankan polisi di kawasan Simpang Tinju, Kecamatan Nanggalo, Rabu (15/4) sekitar pukul 20.00.

Dari tangan kedua pemuda tersebut diamankan sepucuk surat untuk meminta sumbangan dan uang sekitar Rp 40.000.

Informasi yang diterima Padang Ekspres, kedua orang tersebut diamankan karena adanya informasi dari masyarakat bahwa ada yang meminta sumbangan mengatasnamakan bantuan untuk Covid-19.

Polisi dari Polsek Nanggalo langsung bergerak cepat menuju TKP dan mengamankan kedua pelaku di kawasan Simpang Tinju. Keduanya lalu dibawa ke Polsek Nanggalo untuk dimintai keterangan.

Kapolsek Nanggalo, AKP Sosmedya saat dihubungi Padang Ekspres menuturkan, dua pemuda tersebut meminta sumbangan berbekal surat mengatasnamakan pemuda setempat. Namun, uang sumbangan dari masyarakat tersebut digunakan untuk kepentingan pribadi seperti makan dan lainnya.

“Berbekal surat dari pemuda tersebut pelaku lalu meminta sumbangan untuk bantuan Covid-19 dengan mendatangi rumah ke rumah,” ujar Kapolsek.

Pada saat diamankan ditemukan uang sekitar Rp 40 ribu dan surat rekomendasi dari pemuda. “Keduanya merupakan pengangguran. Pelaku tidak ditahan tapi kita minta membuat surat perjanjian,” katanya.

Menyikapi kasus ini, Kapolsek mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dengan aksi-aksi atau modus seperti ini untuk mencari keuntungan sendiri. (*)