Warga Pasie Nantigo Temukan Tengkorak Manusia

10
Penemuan tengkorak kepala manusia di Rimba Rawa Rumbio, Kelurahan Pasie Nantigo, Kecamatan Kototangah.(IST)

Masyarakat Pasie Nantigo, Kecamatan Kototangah digegerkan dengan penemuan tengkorak kepala manusia di Rimba Rawa Rumbio dekat Kompleks BSD 2 RT 04 RW 5 Kelurahan Pasie Nantigo Kecamatan Kototangah, Senin (16/5).

“Sekitar pukul 12.00 ada informasi dari salah satu warga yang menyampaikan telah terjadi penemuan itu dan tidak berselang lama saksi tersebut melaporkan ke kami,” kata Kapolsek Kototangah AKP Afrino saat dihubungi Padang Ekspres, Senin (16/5).

Setibanya di lokasi tim kemudian melakukan olah TKP penemuan kerangka kepala manusia tanpa identitas tersebut itu.

“Yang kami temukan hanya kepala (tengkorak) saja sedangkan badannya tidak ditemukan. Jadi tengkorak kepala manusia tersebut ditemukan di pinggir jalan,” ujarnya.

Afrino mengaku belum mendapatkan petunjuk tentang identitas kerangka kepala manusia misterius ini. Sebab, tidak ditemukan identitas di lokasi penemuan kerangka.

“Untuk ciri-ciri dan jenis kelaminnya belum kita dapatkan (kepastiannya). Selain itu kita juga tidak menemukan identitas,” jelasnya.

Untuk saat ini temuan tengkorak manusia dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara untuk dilakukan identifikasi dan penyelidikan lebih lanjut.

Baca Juga:  PLTU Teluk Sirih Latih Ibu-ibu Mengolah Tanaman Produktif dan Hydroponik

Sementara itu, Kriminolog Unand Edita Elda mengatakan penemuan tengkorak itu harus  diselidiki dulu oleh tim forensik. Jadi, tim forensik ini nanti memastikan usia kematian, dengan  mengindentifikasi temuan tengkorak tersebut.

Kemudian untuk mencari identitas korban, seputaran keterangan saksi-saksi di sekitar dan pengecekan DNA dan lainnya. “Dari situ kita baru tau data tentang penemuan tersebut,” jelasnya.

Setelah semua penyelidikan selesai, baru bisa dipastikan bahwa penemuan tengkorak manusia itu memang dikarenakan sakit atau adanya dugaan tindak pidana.

Dokter forensik akan melakukan autopsi, dengan uji sampel mulai dari gigi hingga jaringan-jaringan yang masih tersisa di tubuh mayat, baru nanti kemudian dari keterangan saksi-saksi.

“Untuk memastikan tengkorak manusia itu sendiri perlu ada autopsi yang dilakukan oleh tim forensik untuk memastikan penyebab kematian dari penemuan  tengkorak tersebut,” tambahnya. (cr6)