Gawat. Pasien Positif Covid 19 di Surau Gadang Bertambah Terus

106
Tabel data pemantauan covid 19 di Kota Padang.

Penambahan pasien covid 19 di Kota Padang masih terus terjadi. Tiap hari Dinkes merilis hasil positif dan pasien dalam pengawasan (PDP). Sejak 12 Juni hingga 17 Juni 2020 terjadi penambahan kasus positif 28 orang. Total jadinya 492 orang. Sembuh 284 orang, dan meninggal 23 orang.

“Memang Kota Padang masih menyumbang penambahan pasien covid 19 hingga hari ini. Kemarin 16 Juni positif covid di Sumbar sebanyak 687 orang, terjadi penambahan 4 orang hari ini dari Kota Padang. Sehingga jumlah pasien positif di Sumatera Barat menjadi 691 orang,” ujar Jasman Rizal, Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar, dalam relisnya yang diterima Padek.Co.

Hari ini berhasil dilakukan pemeriksaan sample sebanyak 1.898 (1.883 Laboratorium Fak Kedokteran Unand dan 15 dari Baso) mengkonfirmasi 4 orang positif terinfeksi, dengan rincian:

  1. Balita 4 th, warga Kurao Pagang, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.
  2. Wanita 27 th, warga Surau Gadang, pekerjaan IRT, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.
  3. Balita 4 th, Surau Gadang, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.
  4. Wanita 64 th, warga Banuaran, pekerjaan IRT, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.

Terlihat penambahan pasien positif di Kelurahan Surau Gadang, Kecamatan Nanggalo menjadi 12 orang. Sedangkan di Kelurahan Kurao Pagang menjadi 17 orang.

Pasien sembuh, kata Jasman, sebanyak 6 orang dengan rincian:

  1. Pria 23 th, warga Cengkeh, pekerjaan pedagang, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien Dinkes Padang.
  2. Pria 60 th, warga Pemancungan, pekerjaan wiraswasta, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasj, pasien RSUD Rasidin Padang.
  3. Wanita 54 th, warga Tanah Sirah Piai, pekerjaan IRT, terinfeksi karena anak pulang dari Jakarta , pasien RS Unand.
  4. Wanita 18 th, warga Sipora Selatan, status mahasiswa, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Kep Mentawai.
  5. Pria 50 th, warga Mandiangin, petugas Damkar, terinfeksi sepulang dari Pekan Baru, pasien RSUD Dr. Achmad Mochtar.
  6. Wanita 57 th, warga Kayu Tanam, pekerjaan IRT, terinfeksi karena diduga terpapar dari riwayat pengobatan di RS, pasien RSUP Dr. M. Djamil Padang.

Berikut perkembangan Covid-19 di Sumbar yang datanya dihimpun dari berbagai rumah sakit dan gugus tugas Kabupaten Kota se-Sumatera Barat, Rabu 17 Juni 2020.

Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 9.428 orang. Proses pemantauan 167 orang, dengan rincian karantina Pemda 4 orang dan 163 orang isolasi mandiri. Selesai pemantauan 9.261 orang.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 1.253 orang. Masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan sambil menunggu hasil lab 31 orang. Dinyatakan negatif, pulang dan sehat 1.222 orang.

“Mari kita semua berdoa, semoga wabah pandemi covid-19 segera berakhir. Aamiin,” ujarnya. (hsn)