Disnakerin Padang Beri Bimbingan Jabatan ke Siswa SMK 8 Padang

1041

Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Padang memberikan penyuluhan dan bimbingan jabatan bagi pencari kerja kepada para siswa SMKN 8 Padang, Jumat (17/6/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan di SMKN 8 Padang ini dibuka oleh Kepala Disnakerin Kota Padang, Dian Fakri. Menurutnya, penyuluhan dan bimbingan jabatan bagi pencari kerja ini diberikan untuk meningkatkan penempatan tenaga kerja berdasarkan potensi bakat, minat, dan kemampuan yang dimiliki siswa, khususnya SMKN 8 Padang.

Nah makanya kita berikan penyuluhan dan bimbingan ini. Program ini se-Indonesia yang dilaksanakan masing-masing pemerintah daerah melalui Dinas Tenaga Kerja,” ungkap Dian.

Dian menambahkan, melalui penyuluhan dan bimbingan jabatan ini, siswa SMKN 8 Padang yang mengikuti kegiatan diberikan pemahaman tentang persiapan memasuki dunia kerja.

Selain itu, cara memperoleh informasi pasar kerja, tempat pelatihan, cara membuat lamaran pekerjaan dan mengikuti seleksi penerimaan. Termasuk memberikan pemahaman tentang jabatan, uraian tugas, syarat jabatan, lingkungan kerja, risiko kerja.

“Kita juga berikan bimbingan dalam memilih jabatan yang sesuai dengan dirinya memilih program pelatihan, meningkatkan karir atau promosi, hingga informasi dan bantuan kepada perusahaan seleksi pegawai,” sebut Dian.

Baca Juga:  Sehari Pimpin Kota Padang!! Thayyibal-Keisha Terpilih Jadi Wakoci

Di sisi lain, juga diberikan informasi tentang program pembangunan daerah bidang ketenagakerjaan, lembaga bursa kerja, lembaga pelatihan, serta prosedur kerja ke luar negeri.

“Tak hanya itu, juga diberikan bimbingan kepada para siswa dalam memilih jurusan yang sesuai dengan potensi dirinya jika mah melanjutkan studi,” tutup Dian. (*)