Di Masjid Darul Huda Siteba Ada WiFi Gratis

26
Pelajar SD dan SMP memanfaatkan WiFi di Masjid Darul Huda Perumdam Punggai, Siteba Padang.

Belajar daring tak membuat orangtua pusing. Kini di Masjid Darul Huda, Perumdam Punggai, Siteba sudah terpasang wifi gratis. Keberadaan wifi memudahkan anak-anak untuk belajar di masa pandemi ini.

Sejak awal pekan ini, masjid tersebut dikunjungi anak-anak yang ingin belajar. Mereka membawa laptop serta handphone. Materi pelajaran didapatkan dengan mudah tanpa harus membeli paket internet.

“Sejak ada wifi gratis ini, anak-anak sekitar mengakses materi pelajaran di sini,” kata Muhammad Fattih, Sekretaris Pengurus Masjid Darul Huda, Rabu (16/9/2020).

Minimal lima anak “ngendon” di masjid ini dalam sehari. Meski mendapat wifi gratis, anak-anak tidak bebas berselancar di dunia maya. Akses mereka dibatasi. Pihak masjid juga hanya membuka akses internet dari subuh hingga jam sepuluh malam.

“Mereka yang ingin belajar di sini dibatasi. Password kita ketikkan di laptop atau handphone mereka, mereka juga kita awasi” ujar Fattih.

Fattih mengaku hal ini sudah menjadi keharusan agar memproteksi siapa saja yang menggunakan wifi tersebut. Menurutnya, bantuan wifi gratis ini mesti menularkan hal positif bagi warga, bukan malah sebaliknya.

Baca Juga:  Andani Webinar Bersama YISP; Jangan Takut Corona tapi Jangan Lalai 

“Tentunya dengan adanya bantuan wifi gratis dari Diskominfo Kota Padang ini sangat membantu,” sebutnya.

Sementara itu secara terpisah Kepala Dinas Kominfo Kota Padang Rudy Rinaldy menyebut bahwa wifi gratis di masjid dan musala merupakan program Rumah Ibadah Digital yang digagasnya. Menurutnya, sebanyak 11 rumah ibadah di Padang mendapat wifi gratis.

“Program ini adalah program Rumah Ibadah Digital, satu masjid atau musala di satu kecamatan mendapat bantuan ini,” sebut Rudy didampingi Kabid Inti Stevie Yudhistira dan Kasi Infrastruktur Data Elektronik Trinanda Laksamana.

Berdasarkan data Diskominfo Padang, selain Masjid Darul Huda, wifi gratis juga telah terpasang di Masiid Agung Nurul Iman. Sedangkan sembilan lainnya tersebar di masing-masing kecamatan. (rel)