Jumlah Pasien Positif di Padang Melonjak, Terbanyak di Padang Timur

Perkembangan penanganan Covid-19 di Sumatera Barat.

Kota Padang menjadi daerah di Sumbar yang terbanyak pasien positif terinfeksi virus korona (Covid-19), dibandingkan 18 kabupaten dan kota lainnya.

Jumlah pasien baru positif Covid-19 melonjak signifikan pada Sabtu (18/4/2020). Tercatat sembilan kasus pasien positif Covid-19 baru yang dikonfirmasi Pemprov Sumbar berasal dari Kota Padang.

Dengan begitu, maka total pasien positif di Sumbar menjadi 71 orang.

“Ya memang ada sembilan tambahan pasien positif baru di Provinsi Sumbar dan semuanya berasal dari Kota Padang,” jelas Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal.

Jasman mengatakan, sembilan pasien positif Covid-19 tersebut didapatkan hasilnya dari pemeriksaan yang dilakukan oleh Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran (FK) Unand yang dipimpin oleh dr. Andani Eka Putra.

Ia menambahkan, tambahan pasien positif Covid-19 di Padang berasal dari beberapa tracking yang dilakukan Pemko Padang terhadap orang-orang yang pernah berkontak dengan pasien positif sebelumnya.

Berdasarkan data pantauan perkembangan Covid-19 di Kota Padang melalui website dinkes.padang.go.id dengan penambahan 9 kasus baru tersebut, maka hingga Sabtu (18/4/2020) total pasien positif Covid-19 di Kota Padang sebanyak 48 orang. Total pasien sembuh 8 pasien dan 6 orang meninggal dunia.

Sementara untuk Pelaku Perjalanan Daerah Terjangkit (PPT) sebanyak 2.875 orang, Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 38 orang, Orang Tanpa Gejala (OTG) 435 orang, dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 68 orang.

Padang Timur masih menjadi Kecamatan  dengan angka penyebaran tertinggi di Padang, yakni sebanyak 15 pasien positif. Sebanyak 15 pasien tersebut di antaranya ditemukan di Kelurahan Andalas 2 orang, Jati 5 orang, Sawahan 5 orang, dan Kubu Marapalam 1 orang.

Ada tambahan Kelurahan baru yang terkonfirmasi positif virus Covid-19 di Kecamatan Padang Timur, yaitu Simpang Haru sebanyak 1 orang dan Parak Gadang Timur sebanyak 1 orang.

Di posisi kedua terpantau ada di dua kecamatan yaitu Kototangah dan LubukBegalung (Lubeg) dengan masing-masing 8 kasus. Rincian pasien positif yang berasal dari Kototangah meliputi Kelurahan Lubukbuaya 3 orang, Batang Kabung Ganting 2 orang, Ikurkoto 1 orang dan tambahan satu pasien positif di Kelurahan Pasien Nan Tigo sehingga menjadi 2 orang.

Sementara di Kecamatan Lubeg, ada lima kelurahan yang ditemukan pasien positif Covid-19 yaitu Tanjung Saba Pitameh 1 orang, Banuaran 1 orang, Lubeg 1 orang. Dua kelurahan yang ditemukan tambahan kasus baru yaitu Pegambiran 2 kasus baru sehingga menjadi 3 kasus, dan Kelurahan Batuang Taba yang baru mengkonfirmasi satu pasien baru.

Di Kecamatan Kuranji terdapat lima kasus yang tersebar di empat kelurahan yaitu Kuranji 1 orang, Anduring 1 orang, Lubuklintah 2 orang, dan Ampang 1 orang.

Sedangkan di Kecamatan Pauh tercatat  empat kasus, seluruh pasien berasal dari Kelurahan Pisang.

Kecamatan Lubukkilangan juga ditemukan kelurahan baru yang ada warganya  terkonfirmasi positif virus Covid-19 yaitu Kelurahan Batu Gadang satu kasus dan Indarung yang masih dua orang.

Kemudian Kecamatan Padang Barat dan Padang Utara masing-masing terdapat dua orang yang positif Covid-19, di mana di Kelurahan Ujung Gurun sebanyak dua orang dan Gunung Pangilun dua orang.

Kecamatan Padang Selatan yang sebelumnya tidak ditemukan kasus positif, kemarin ditemukan satu kasus di Kelurahan Mato Aie. Dengan data tersebut, maka dari 11 kecamatan di Kota Padang, terdapat dua kecamatan yang belum ditemukan kasus positif Covid-19, yaitu Kecamatan Nanggalo dan Bungus Teluk Kabung.(esg)