Sudah 40 Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19

Kepala Dinkes Kota Padang, Ferimulyani.

Angka kasus positif virus korona (Covid-19) di Kota Padang terus menunjukkan tren peningkatan. Hingga kemarin (17/4), jumlah pasien terinfeksi Covid-19 mencapai 40 orang. Jumlah tersebut bertambah 3 orang dari sebelumnya Kamis (16/4), sebanyak 37 orang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Padang Ferimulyani saat dikonfirmasi Padang Ekspres membenarkan informasi penambahan 3 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut. “Iya. Mereka kini dirawat di rumah sakit yang menangani Covid-19,” katanya. Ferimulyani menambahkan, 3 pasien positif Covid-19 itu berasal dari Kecamatan Lubukbegalung, Padang Selatan dan Kecamatan Kuranji.

Untuk pasien positif di Kecamatan Padang Selatan, berdomisili di Kelurahan Mataair dan berprofesi sebagai pedagang di Pasar Raya Padang. “Kuat dugaan pasien ini kontak dengan pasien positif sebelumnya yang juga beraktivitas di Pasar Raya Padang,” imbuhnya.

Dia mengatakan, untuk pasien positif Covid-19 yang berasal dari Kecamatan Lubukbegalung berdomisili di Lubukbegalung, sedangkan pasien yang berasal dari Kuranji berdomisili di Kelurahan Lubuklintah. “Keduanya diduga kuat kontak dengan pasien positif sebelumnya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ferimulyani menyampaikan, Dinkes Kota Padang saat ini masih melakukan tracing atau penelusuran terhadap orang yang pernah kontak dengan 3 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 itu. “Iya kita sedang lakukan tracing,” imbuh Feri.

Berdasarkan data di situs resmi Dinkes Kota Padang dinkes.padang.go.id, per Jumat (17/4), kasus positif Covid-19 di Kota Padang tersebar di sembilan kecamatan. Antara lain Kecamatan Padang Barat, Padang Utara, Padang Timur, Kototangah, Pauh, Kuranji, Lubukbegalung, Padang Selatan dan Kecamatan Lubukkilangan.

Dari total 40 kasus positif Covid-19 tersebut, Kecamatan Padang Timur merupakan kecamatan dengan angka kasus tertinggi sebanyak 13 kasus disusul Kecamatan Kototangah dengan 7 kasus.

Sementara itu, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 54, Orang Dalam Pengawasan (ODP) 38, Orang Tanpa Gejala (OTG) 361 orang, dan pelaku perjalanan dari negara atau wilayah terjangkit dan dengan transmisi lokal (PPT) berjumlah 2913.
Tercatat, pasien meninggal dunia sebanyak 4 orang, negatif 13 orang, sembuh 4 orang, dan menunggu hasil sebanyak 4 orang.

Lakukan Sosialisasi dan Edukasi

Menyikapi adanya pasien positif Covid-19 yang merupakan pedagang Pasar Raya Padang, jajaran Camat Padang Barat akan melakukan sosialisasi dan edukasi kepada para pedagang yang diduga pernah melakukan kontak dengan pasien positif tersebut.

“Sosialisasi dan edukasinya melalui telepon. Jika memang pernah berkontak dengan pasien positif, kita sarankan untuk memeriksakan kesehatan ke rumah sakit,” ungkap Camat Padang Barat Eri Sanjaya kepada Padang Ekspres, kemarin.

Dia menambahkan, sosialisasi dan edukasi lewat telepon lantaran para pedagang di sekitar toko pasien yang terinfeksi Covid-19, telah disarankan untuk menutup toko dan melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

Hingga saat ini pihaknya bersama Dinkes Kota Padang dan Disdag Kota Padang masih melakukan identifikasi dan pendataan pedagang yang diduga melakukan kontak dengan pasien positif. “Kalau sudah dapat, nanti akan segera dihubungi,” tukas Eri. (*)