Di Hari Pertama Kerja, 90 Orang ASN tak Hadir

12
Wali Kota Padang Hendri Septa dan rombongan melakukan sidak kehadiran ASN di salah satu kantor SKPD di Kompleks Perkantoran Balaikota Aiepacah, kemarin. (IST)

Sekitar 90 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) di beberapa satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Pemko Padang, tidak hadir pada hari pertama kerja pascalibur Lebaran Idul Fitri 1442 H, kemarin (17/5).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Padang Arfian mengatakan, hanya sekitar 1 persen ASN yang tak hadir di hari pertama kerja. Namun secara persentase 99 persen ASN hadir.

Menurut Arfian, berdasarkan hasil pemantauan BKPSDM Kota Padang, para ASN yang tidak hadir itu dengan alasan yang dapat dipertanggungjawabkan. Seperti cuti dengan alasan penting karena melahirkan atau pun menikah, dan sakit yang dibuktikan dengan surat keterangan sakit dari dokter.

“Jadi hasil rekapitulasi dari masing-masing SKPD, rata-rata hampir seluruh ASN di lingkungan Pemko Padang, pada hari pertama kerja usai libur lebaran, itu hadir seluruhnya. Tingkat kehadirannya mendekati 100 persen,” sebutnya.

Di sisi lain, mantan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang ini menyebut, juga tidak ada ASN di lingkungan Pemko Padang yang ditegur karena tidak memakai atribut yang sesuai aturan. “Semuanya memakai atribut lengkap sesuai aturan termasuk pin anti sogok pada hari pertama kerja usai libur lebaran,” ujarnya.

Lebih lanjut Arfian menegaskan, pemantauan terhadap kehadiran para ASN ini bakal kembali dilakukan Selasa ini (17/5). Jika ada ASN di lingkungan Pemko Padang yang tidak masuk kerja tanpa keterangan akan ditindak sesuai aturan PP Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin ASN.

Baca Juga:  Batang Arau Padang Tercemar Mikroplastik, Tuntut Tanggung Jawab Produsen

“Kami berharap tidak hanya besok (hari ini, red), tetapi setiap hari kerja seluruh ASN di Pemko Padang tetap disiplin dan melaksanakan kewajiban. Seperti apel pagi mulai pukul 07.30 dan pulang pukul 16.00,” tegas Arfian.

Sementara itu, Wali Kota Padang Hendri Septa saat memimpin apel gabungan di lingkungan Sekretariat Daerah Kota Padang di Halaman Balaikota Padang, Aiepacah, Senin (17/5) menyampaikan agar ASN terus berinovasi, tidak peduli bekerja dengan pemimpin yang baru atau yang lama, karena pemimpin bisa saja silih berganti.

“ASN Pemko Padang harus dapat menjadi superior, dimanapun berada harus jadi panutan. Untuk itu saya juga berharap bapak/ibu bisa menjadi agen yang dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa pandemi belum berakhir, sehingga disiplin menerapkan protokol kesehatan adalah hal yang tidak boleh diabaikan,” kata wako.
Di hari pertama kerja, Wako juga melakukan inspeksi mendadak ke Dinas Kesehatan Kota Padang dan Bappeda Kota Padang. (i)