Melihat Program Pemerintah di Tanjung Saba Pitameh Nan XX Saat Pandemi

6
BANTUAN: Penyaluran paket sembako kepada warga yang sedang isoman.(IST)

Berbagai cara bisa dilakukan untuk membantu orang yang sedang isolasi mandiri (isoman) agar tetap semangat. Salah satunya yang dilakukan Pemerintah Kelurahan Tanjungsaba Pitameh Nan XX dengan membagikan paket sembako.

Orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan memilih untuk melakukan isoman di rumah tentu butuh perhatian dan dukungan dari orang sekitar terutama dalam pasokan kebutuhan pokok karena mereka tentu tidak bisa keluar dari rumah mereka.

Melihat kondisi tersebut, Pemerintah Kelurahan Tanjungsaba Pitameh Nan XX, Kecamatan Lubukbegalung (Lubeg) berinisiatif untuk membantu warga mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan sedang melakukan isoman di rumah masing-masing.

Lurah Tanjungsaba Pitameh Nan XX, Silmawati kepada Padang Ekspres menuturkan, sejak awal tahun 2021 sampai bulan Oktober ini jumlah warganya yang terkonfirmasi positif Covid-19 ada sebanyak 22 orang.

Hampir seluruh warga tersebut melakukan isoman di rumah. “Untuk kasus positif Covid-19 bisa dikatakan terjadi penurunan di kelurahan kami. Jadi sampai Oktober ini tercatat ada sebanyak 22 warga kami yang positif dan isoman di rumah,” jelasnya.

Warga yang positif Covid-19 memilih isoman di rumah daripada di karantina karena merupakan pasien positif tanpa gejala atau Orang Tanpa Gejala (OTG).

Pihaknya kemudian berinisiatif untuk membantu warga yang isoman dengan membagikan paket sembako kepada mereka. “Kalau isoman di rumah tidak boleh keluar, jadi kami bantu para warga itu untuk mencukupi kebutuhan pokok mereka selama isoman agar pikiran mereka bisa tenang dan fokus sembuh,” ungkapnya.

Baca Juga:  Teknik Mesin UBH Magang di Krakatau Steel Aplication Maintenance Solution

Silmawati menyebutkan, paket sembako yang diberikan kepada warga berupa beras, minyak goreng, gula, telur, mie instan, teh, dan lainnya. Paket sembako tersebut dibagikan kepada seluruh warga kelurahan Tanjungsaba Pitameh Nan XX yang sedang isoman.

“Alhamdulillah, berjalan waktu, warga yang isoman tersebut telah dinyatakan sembuh dari Covid-19. Ini menunjukkan bahwasanya kebersamaan itu bisa jadi kunci untuk kesembuhan,” ujarnya.

Selain fokus dalam memberikan dukungan kepada warga isoman, pihak kelurahan juga fokus dalam upaya percepatan program vaksinasi Covid-19, dengan salah satunya membentuk Satgas Covid-19.

Salah satu tugas dari Tim Satgas ini adalah untuk memastikan warga yang telah masuk data target vaksinasi telah mengikuti program vaksinasi Covid-19.

Dalam pelaksanaannya, pihak kelurahan meminta setiap RT dan RW untuk melaporkan data warga yang masuk target vaksinasi dan yang positif Covid-19. Setiap harinya, pihaknya ditargetkan bisa memvaksin sebanyak 100 orang warga.

Lebih lanjut Silmawati menyampaikan, dengan adanya perhatian terhadap warga yang sedang isoman dan percepatan program vaksinasi, kasus positif Covid-19 bisa dikendalikan bahkan diturunkan sehingga aktivitas masyarakat bisa berjalan normal.

“Kami berharap agar pandemi ini segera berakhir supaya warga bisa melakukan kegiatan atau aktivitas seperti semula sebelum adanya Covid-19,” tukasnya. (***)