Capaian Vaksinasi Kota Padang Lampaui Target Nasional

103

Capaian vaksinasi pencegahan Covid-19 di Kota Padang terus merangkak naik. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Padang pada pekan ketiga Desember 2021, angka capaian vaksin Kota Padang sudah menembus angka 73,8 persen atau sekitar 536,384 jiwa untuk vaksinasi dosis pertama.

Wali Kota Padang Hendri Septa menyebut, kesuksesan 73.8 persen capaian vaksinasi bagi warga Padang tersebut didukung oleh banyak pihak. Terutama melalui serbuan vaksinasi yang gencar dilakukan melalui gerai-gerai vaksin setiap harinya oleh Pemko Padang dan berbagai pihak, termasuk kegiatan Sumbar Sadar Vaksin (Sumdarsin).

“Meskipun angka capaian vaksin telah merangkak naik dari waktu ke waktu, kita tetap mengimbau warga Kota Padang yang belum divaksin untuk mendatangi puskesmas atau gerai-gerai vaksin terdekat untuk mendapatkan vaksinasi. Ini dilakukan agar kita bisa segera mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok,” ajak Hendri Septa.

Lebih lanjut orang nomor satu di Kota Padang itu juga mengingatkan masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19. “Tetaplah memakai masker ke manapun bepergian, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun dan menghindari kerumunan,” imbaunya.

Baca Juga:  Menunggu Izin Kemendagri, Wako Padang Belum Tentu ke Tanah Suci

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang Ferimulyani Hamid mengatakan, capaian 73,8 persen vaksinasi di Kota Padang tersebut sudah melebihi capaian vaksinasi secara nasional yang baru di angka 72.14 persen.

Ferimulyani menambahkan, Pemko Padang menargetkan jumlah warga yang divaksin sebanyak 726,615 jiwa, dari total penduduk sekitar 980 ribu jiwa. Untuk itu pihaknya akan terus berupaya mengejar capaian vaksinasi hingga di angka 100 persen.

“Kita terus membuka gerai-gerai vaksin mulai dari tingkat kecamatan, kelurahan hingga tingkat RT dan RW. Semoga ini akan menambah pencapaian angka vaksinasi pencegahan Covid-19 di Kota Padang. Kita juga berharap vaksinasi di Kota Padang dapat tercapai 100 persen jelang Maret 2022,” pungkas Ferimulyani saat diwawancarai via telpon seluler, Jumat (17/12/2021).(idr)