Urus Adminduk hingga Pukul 15.00, Remaja 17 Tahun Diminta Rekam E-KTP

20

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang tetap memberikan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) kepada masyarakat selama bulan suci Ramadhan 1442 H. Pelayanan yang diberikan dengan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Plt Kepala Disdukcapil Kota Padang Edi Hasymi mengatakan pelayanan di Kantor Disdukcapil tidak ada yang berubah baik sebelum puasa maupun saat memasuki bulan puasa.

“Ya, seperti biasa tidak ada yang berubah. Hanya saja untuk bulan puasa ini waktu pelayanan sedikit dipangkas, sekarang waktu pelayanan dari pukul 08.00-15.00. Disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku,” kata Edi kepada Padang Ekspres, Minggu (18/4/2021).

Dia menambahkan, dokumen adminduk yang dikeluarkan dari Disdukcapil mulai dari cetak e-KTP, kartu keluarga (KK), akta kelahiran, akta Kematian dan kartu identitas anak (KIA) dan lain-lain.

“Kalau jumlah pemohon itu, kita batasi 300 orang per hari, karena memakai sistem online juga. Jika ditambah nanti takutnya tidak terburu oleh petugas untuk menyesuaikan,” bebernya.

Diakui Edi, sampai saat ini blangko e-KTP yang ada di Disdukcapil Kota Padang masih mencukupi. Tidak ada kendala sejauh ini. “Berapa pun, Insyaallah akan tersedia,” tandasnya.

Dikatakannya, pelayanan adminduk secara jemput bola ke kecamatan-kecamatan di Kota Padang juga dilakukan setiap minggu oleh Disdukcapil.

Baca Juga:  Andre Rosiade Salurkan Sembako di Kampung Kalawi Kuranji

Tapi hanya bisa melayani selain dari pembuatan e-KTP. Karena e-KTP memang harus perangkat Disdukcapil yang mencetak.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar harus rajin mengecek adminduk yang dimiliki, jika ada kendala seperti e-KTP yang rusak segera diperbaiki. Jangan sampai tergesa-gesa.

“Barang kali itu kekurangan yang dilihat, masyarakat lebih terburu-buru jika ada kendala yang terjadi, mengurus ketika jika ada keperluan yang mendesak. Seharusnya masyarakat paham tagline “Urus Adminduk Anda Sebelum Anda Memerlukannya”,” tandas Edi.

Untuk itu semua warga Kota Padang agar bisa mengurus adminduknya sesegera mungkin, karena semuanya gratis, tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun.

“Jangan melalui oknum-oknum, langsung saja ke Kantor Disdukcapil Kota Padang, maka semua kendala dan masalah masyarakat akan ditanggapi secepat mungkin,” imbuhnya.

Sementara itu, lanjutnya bagi remaja-remaja yang usianya sudah 17 tahun, silakan melakukan perekaman e-KTP. Perekaman bisa dilakukan di 11 kantor kecamatan di Kota Padang ataupun di Kantor Disdukcapil.

“Pengambilan e-KTP melalui online diambil di kantor camat dan tidak lagi di kantor lurah. Maka dari itu, bagi masyarakat Kota Padang yang masih mempunyai surat keterangan (suket), silakan menjemput e-KTP ke kantor camat, tidak di kantor lurah lagi,” tukasnya.(r)

Previous articleSMK SMAK Padang Beri Pelatihan Pembuatan POC Darsa Rupawan 
Next articleKasus Covid-19 Bertambah, Pariyanto Ingatkan Warga tak Abaikan Prokes