Antisipasi Pungli, Dispar Siapkan Posko Keamanan di Pantai Padang

14
BERLIBUR: Sejumlah wisatawan bermain pasir dan air di Pantai Padang, Minggu (17/4).(SHYNTIA/PADEK)

Wisatawan yang akan berkunjung ke Pantai Padang diprediksi meningkat saat libur Lebaran tahun ini. Dinas Pariwisata (Dispar) Padang menyiapkan Posko Pengamanan Terpadu Pantai Padang sebagai tempat layanan pengaduan yang berlokasi di Lapau Panjang Cimpago (LPC).

Posko ini didirikan untuk memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung ke Pantai Padang saat libur Lebaran nanti. Kepala Dispar Padang Eri Sendjaya mengatakan posko keamanan ini akan dimaksimalkan penggunaannya seminggu sebelum Lebaran.

“Posko ini kita dirikan untuk mencegah terjadinya pungli atau pemalakan dan perilaku negatif lainnya,” kata Eri Sendjaya, kemarin.

Nantinya, dalam pelaksanaan di lapangan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Polsek, Satpol PP dan instansi terkait lainnya. Ia menyebutkan, saat Lebaran nanti diprediksi akan terjadi lonjakan wisatawan berkunjung ke Pantai Padang.

Sepanjang bulan Januari-Februari kunjungan wisatawan meningkat sebesar 20 persen hingga 30 persen.

Peningkatan ini akan meledak pada libur Lebaran Idul Fitri. “Saya yakin sekali, oleh karena itu kami melakukan persiapan untuk menciptakan kondisi nyaman untuk pengunjung,” jelasnya.

Baca Juga:  Jumat Berkah, Andre Rosiade Bagikan Ratusan Nasi Kotak di Pauh

Sebagai tuan rumah, pihaknya harus memberikan pelayanan yang maksimal kepada pengunjung. “Target kita adalah mengurangi kriminalitas pada libur Lebaran,” jelasnya.

Ia menambahkan, kondisi pandemi yang perlahan akan menjadi endemi ini menjadi pemicu akan ramainya jumlah pengunjung di Pantai Padang. Tingkat keramaian ini juga diprediksi setelah 2 tahun dilanda pandemi Covid-19. (cr5/cr6)