Tiga Unit Rumah di Kampung Dobi Terbakar

Polisi memasang police line di lokasi kebakaran yang menghanguskan tiga unit rumah di Jalan Kampung Dobi, kemarin. (Adetio Purtama-Padang Ekspres)

Tiga unit rumah di Jalan Kampung Dobi, Kelurahan Kampung Pondok, Kecamatan Padang Barat hangus dilahap si jago merah, Senin (18/5/2020) sekitar pukul 02.11 dinihari.

Beruntung dalam peristiwa tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, namun seluruh barang-barang yang berada di dalam rumah tidak bisa diselamatkan.

Pantauan Padang Ekspres, pascakebakaran, terlihat pemilik rumah mengumpulkan dan mencari barang-barang yang mungkin masih bisa diselamatkan. Selain itu, tampak sejumlah warga yang membantu pemilik rumah dalam membersihkan puing-puing sisa kebakaran.

Pemilik rumah, Yusniwati mengatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 02.00 lewat menjelang sahur. Saat itu ia sedang tertidur di dalam kamarnya, namun, ia tiba-tiba terbangun ketika mendengar suara suaminya memanggil-manggil anak mereka.

“Pukul 02.00 suami saya hendak pergi ke kamar mandi, tiba-tiba saja ia berteriak memanggil anak kami dan saya terbangun. Setelah itu, saya melihat api sudah membesar di bagian belakang rumah,” jelasnya.

Ia menambahkan, api diduga berasal dari belakang rumah tua yang berada di samping rumahnya. Yusniwati menyampaikan, saat terjadi kebakaran, tidak ada bunyi ledakan sama sekali.

“Barang-barang di dalam rumah tidak bisa diselamatkan termasuk satu unit sepeda motor. Namun anak saya sempat menyelamatkan dokumen seperti ijazah. Selain itu, tidak ada satupun barang yang bisa diselamatkan,” ungkapnya.

Saat ini dirinya tinggal di rumah saudara yang tidak berada jauh dari lokasi rumahnya yang terbakar. Akan tetapi yang dipusingkan Yusniwati adalah ia memikirkan biaya sewa tanah rumah yang harus tetap dibayar Rp 150 ribu per bulannya.

“Rumah kami sudah ludes, saya dan suami hanya kerja serabutan. Jadi kami memang mengharapkan bantuan dari berbagai pihak untuk membantu untuk membangun kembali rumah mereka,” tukasnya.

Terpisah, Kabid Operasional Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang, Basril mengatakan setelah mendapatkan laporan, pihaknya langsung menuju ke lokasi kebakaran untuk segera memadamkan api.

“Langsung kita kerahkan sebanyak tujuh armada mobil damkar untuk memadamkan api,” ujarnya.

Basril menyebutkan, saat terjadi kebakaran salah satu pemilik rumah tidak berada di lokasi lantaran pulang kampung. “Akibat peristiwa kebakaran ini, tidak ada satupun barang di dalam rumah yang berhasil diselamatkan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Basril menyampaikan, kondisi rumah yang didominasi kayu-kayu membuat api dengan cepat menyebar ke bangunan rumah yang ada di sampingnya.

“Beruntung dalam peristiwa kebakaran tersebut, tidak menimbulkan korban jiwa maupun korban luka,” tukasnya.

Untuk penyebab kebakaran, Basril mengungkapkan pihaknya menyerahkan kepada petugas kepolisian untuk menyelidiki penyebab pasti kebakaran di tiga rumah tersebut.

Terakhir, Basril mengimbau kepada masyarakat, pada saat kemarau dan angin kencang ini, masyarakat Kota Padang diminta hati-hati dan memperhatikan kondisi rumah maupun sekitarnya. (a)