Keindahan Masjid Al Hakim: Arsitektur Unik, Taj Mahal Versi Kota Padang

28
MEGAH: Masjid Al Hakim Kota Padang berdiri megah di tepi Pantai Kota Padang. masjid ini juga dijadikan kunjungan wisata bagi masyarakat.

Masjid Al Hakim Kota Padang merupakan masjid yang dibangun menyerupai Taj Mahal di India. Masjid ini memiliki segala keunikan artsitektur dan juga berada lokasi yang strategis yakni di tepi pantai Kota Padang.

MASJID ini setiap harinya selalu ramai oleh pengunjung, baik yang ingin melaksanakan shalat maupun pengunjung yang sekedar ingin berkunjung menikmati keindahan masjid. Setiap pengunjung yang datang ke Masjid Al Hakim, bisa menikmati pemandangan pantai di setiap sudutnya.

Bangunan yang menyerupai Taj Mahal ini memiliki bagian dalam masjid yang berwarna putih berpadu dengan pinggiran berwarna kuning keemasan dan membuat masjid tampak megah dan mewah. Apalagi dengan pencahayaan yang menerangi latar masjid berwarna putih, membuat kesan masjid menjadi semakin bagus.

Siapapun yang shalat di dalam Masjid Al Hakim akan dapat merasakan kenyamanan dan ademnya suasana masjid. Kenyamanan yang bisa didapatkan dalam masjid membuat para pengunjung semakin betah untuk berada di dalamnya.

Selain itu lokasi yang berada di tepian Pantai Padang semakin menarik mata wisatawan untuk berkunjung dan beribadah di sana. Di sekeliling masjid memiliki objek yang bagus untuk berfoto.

Imam Masjid Al Hakim Kota Padang, Nanang mengatakan asal muasal kenapa masjid ini bisa dibangun menyerupai Taj Mahal, karena dulunya donatur termotivasi setelah pulang dari Taj Mahal.

“Keindahan yang disaksikan donatur saat berada di Taj Mahal membuat hatinya tergerak untuk membangun masjid yang menyerupai, namun ini disebut versi Padangnya,” kata Nanang.

Selain itu ia juga mengatakan masjid ini bisa disebut dengan miniatur dari Taj Mahal. Lokasi yang di pinggir pantai inilah yang menjadi keunikan tersendiri bagi masjid Al hakim.

Dengan pemandangan pantai yang bisa dinikmati saat singgah, kemudian di waktu sore pengunjung juga bisa menikmati suasana matahari terbenam, dengan langit merah yang indah.

Baca Juga:  Rustam Efendi Serap Tiga Aspirasi Warga RW II Batipuah Panjang

Ustad Nanang menambahkan pengunjung dari masjid ini tidak hanya lokal saja. Namun, pengunjung dari luar pun banyak yang menghampiri. “Rata-rata wisatawan dari luar kalau berwisata ke Padang, pasti ke Al Hakim terlebih dahulu, baru ke tempat wisata tujuannya,” ujarnya.

Nantinya di Masjid Al Hakim akan dibangun taman dengan tumbuh-tumbuhan yang ada di dalam Al Quran, seperti kurma, buah tin, zaitun, dan beraneka ragam tumbuhan lainnya. Hal ini akan menjadikan masjid ini semakin unik dan menarik untuk dikunjungi.

“Insya Allah target kita untuk pembangunan taman ini yaitu akhir tahun 2022 ini, jadi bagaimana kita akan membuat masjid kita ini semakin unik dan indah untuk dikunjungi dan disinggahi saat waktu salat tiba,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan di masjid Al Hakim sudah pernah mengadakan dakwah besar yang mengundang ustad-ustad besar di Sumbar dan juga dari negara lain seperti Palestina.

“Tanggal (20/4) kita juga akan kedatangan ustad Taqy Malik, yang sengaja kita undang sebagai imam taraweh di Masjid Al Hakim,” tuturnya.

Seperti diketahui, Masjid Al Hakim diresmikan pada tahun 2020, selain arsitekturnya yang menarik dan pemandangan sekitar yang indah. Di sekitar masjid, juga banyak sekali objek wisata yang bisa didatangi, seperti Kota Tua Padang, Jembatan Siti Nurbaya, Museum Aditiawarman, Gunung Padang dan lain-lainnya.

“Oleh sebab itu kita tidak perlu bersusah payah lagi untuk mencari destinasi wisata lainnya,” ujarnya.

Selain keindahan yang dimiliki tentu keamanan di Masjid Al Hakim juga sangat dijaga, setiap sudut masjid sudah dipasangi CCTV yang selalu memantau jika ada oknum yang betingkah aneh dan mencurigakan. (*)