Jaringan Bermasalah, Ujian SKD Molor

13
Ilustrasi seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN).(NET)

Pelaksanaan ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2021 di lingkungan Pemko Padang sudah berjalan selama 4 hari. Secara umum pelaksanaan ujian SKD selama 4 hari tersebut berjalan dengan lancar, aman, dan kondusif.

Hanya saja pada pelaksanaan ujian SKD hari ketiga, terdapat gangguan terhadap jaringan sinyal internet sehingga pelaksanaan ujian SKD sempat ditunda selama 2 jam. Namun setelah itu pelaksanaan ujian berlangsung aman dan lancar.

Kabid Pengadaan, Pemberhentian, dan Informasi ASN BKPSDM Kota Padang, Romy Elpa Segas kepada Padang Ekspres, kemarin (19/9) mengatakan, gangguan sinyal pada jaringan internet tersebut terjadi pada server Badan Kepegawaian Nasional (BKD) di Jakarta.

“Gangguan itu mulai terjadi sebelum sesi pertama ujian SKD. Ada sekitar 2 jam pelaksanaan ujian SKD ditunda akibat gangguan jaringan tersebut, namun setelah itu berjalan dengan aman,” jelasnya.

Ia menambahkan, gangguan jaringan hanya terjadi hari itu saja. Untuk pelaksanaan hari-hari berikutnya jaringan internet untuk pelaksanaan ujian berjalan aman dan normal. “Jadi hanya gangguan atau kendala yang kami temukan, selebihnya aman terkendali,” kata Romy.

Sementara itu, Romy menyebutkan, dalam pelaksanaan ujian SKD selama 4 hari tersebut ada sekitar 50 orang peserta yang batal atau didiskualifikasi karena datang terlambat dan tidak datang saat waktu ujian.

“Untuk data pasti kami belum rekap secara detail namun saat jumlahnya itu ada rata-rata 5 peserta dalam satu sesi yang tidak datang ujian, kalau dihitung sekitar 50 orang,” ungkapnya.

Baca Juga:  Warga Pasie Nantigo Temukan Tengkorak Manusia

Untuk alasan ketidakhadiran para peserta tersebut pihaknya tidak mengetahui secara pasti karena tidak ada laporan atau tidak hadir tanpa alasan. “Ya kalau tidak hadir tentu otomatis didiskusikan dari ujian,” ujar Romy.

Setelah selesai melaksanakan ujian SKD, para peserta bisa melihat hasil atau nilai mereka termasuk ranking melalui YouTube BKPSDM Kota Padang dan melakukan website BKN.Padang.go.id.

Ia menambahkan, pada akun YouTube BKPSDM Kota Padang tersebut akan disiarkan secara live atau langsung hasil ujian SKD para peserta ketika sudah selesai melaksanakan ujian. Tampilan pada video berupa nilai dan rangking setiap peserta.

“Live hasil ujian SKD peserta tersebut ditampilkan setiap hari. Tampilan pada live YouTube itu masih berdasarkan urutan nilai paling tertinggi,” kata Romy.

Untuk penentuan kelulusan para peserta CASN tersebut adalah nilai peserta berhasil mencapai atau melebihi passing grade. Untuk ketiga peserta yang memiliki nilai tertinggi melebihi passing grade maka berkemungkinan akan lolos pada tahap selanjutnya.

Namun untuk keputusan resmi kelulusan para peserta CASN pada tahap ujian SKD, pihaknya masih menunggu keputusan resmi dari BKN. “Tentunya pelaksanaan ujian SKD itu harus selesai terlebih dahulu baru ada keputusan resminya,” tukasnya. (adt)