Andre Rosiade Terima Aspirasi Pekerja Sosial Masyarakat se-Kota Padang

14

Anggota DPR RI Andre Rosiade mengadakan pertemuan dengan pekerja sosial masyarakat (PSM) se-Kota Padang, Sabtu (20/2) malam. Banyak aspirasi yang diserap dalam dialog di Taman Pucuk Merah, Gunung Pangilun, Kota Padang itu. Turut hadir Ketua Fraksi Gerindra DPRD Padang Mastilizal Aye dan dua anggota Fraksi Bobby Rustam dan Muzni Zen.

Ketua PSM Kota Padang Mulyadi Hendri menyebutkan, mereka sengaja ingin bertemu dengan Andre Rosiade yang dianggap sangat peduli dengan masyarakat di Sumbar dan Kota Padang khususnya. Karena sangat sering melihat kepedulian Andre terhadap masyarakat.

“Ada beberapa masalah yang kami sampaikan kepada pak Andre Rosiade, yang kami dari PSM melihat sangat peduli dengan masyarakat miskin dan yang sedang susah. Kami sebagai relawan PSM siap membantu karena memang bertugas melakukan pendataan PPKS (pemerlu penyandang kesejahteraan sosial) di Kota Padang,” katanya yang menyebut jumlah PSM yang terdata di Padang mencapai 315 orang.

Kata Mulyadi Hendri, ada 26 poin PPKS sebagai standar orang atau keluarga yang perlu bantuan. Namun, PSM juga banyak yang masuk dalam kategori itu. “Karena itu kami meminta kepada pak Andre Rosiade agar mencarikan solusi untuk kesejahteraan kami,” kata Mulyadi Hendri didukung anggota PSM lainnya.

Mulyadi Hendri menyebutkan, sesuai Permensos (Peraturan Menteri Sosial) Nomor 10 Tahun 2019, dinyatakan bahwa PSM bisa dibiayai atau didanai APBD atau APBN. “Kami juga mendengar, di Kota Bukittinggi dan Solok, PSM mendapatkan ‘tali asih’ dari Pemda setempat. Kami juga ingin pak Andre memasilitasi kami kepada Pemko Padang,” kara Mulyadi Hendri.

Selain itu, PSM juga meminta Andre Rosiade memasilitasi mereka untuk bisa berusaha, seperti UMKM, untuk menambah pemasukan. “Kalau bisa kami minta pak Andre juga membukakan kesempatan kepada kami jalan berusaha,” katanya.

Baca Juga:  Mudik Via Tol Sumatra Lancar, Andre Rosiade Apresiasi Hutama Karya

Andre Rosiade tanpa berlama-lama langsung memastikan status PSM di Kota Bukittinggi dengan menghubungi Wali Kota Erman Safar. Dari Ketua DPC Gerindra Bukittinggi itu, didapatkan informasi semua PSM Bukittinggi mendapatkan tali asih Rp200 ribu per bulan yang dibayarkan sekali tiga bulan.

Andre pun menginstruksikan kepada Fraksi Gerindra DPRD Padang untuk menuntaskan masalah ini. Mengundang PSM Kota Padang dan memastikan rencana pemberian tali asih atau honor PSM. “Instruksi kami kepada Fraksi Gerindra DPRD Padang, segera mengundang PSM dan Dinas Soaol untuk membicarakan Perwako untuk PSM,” kata Ketua DPD Gerindra Sumbar ini.

Andre pun juga akan membicarakan langsung masalah ini dengan Wali Kota Padang Hendri Septa. “Kami di Partai Gerindra tak mau berlama-lama karena ingin kerja nyata untuk Sumbar. Insya Allah harapan PSM ini akan diselesaikan oleh Fraksi Gerindra DPRD Padang dan Pemko,” kata ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini.

Andre pun sebagai anggota DPR RI juga memberikan dukungan penuh kepada PSM untuk bekerja memastikan informasi program-program pemerintah sampai ke masyarakat. Andre pun menitipkan oleh-oleh kepada anggota PSM yang hadir malam itu. “Semoga semua tetap fokus bekerja melayani masyarakat dan tim kami siap bekerja sama memberikan bantuan,” katanya.

Ketua Fraksi Gerindra DPRD Padang Mastilizal Aye mengaku siap melaksanakan instruksi Andre Rosiade. Segera Fraksi Gerindra akan mengundang para PSM dan Dinas Sosial Kota Padang untuk membantu kesejahteraan PSM. “Insya Allah kita akan menyampaikan aspirasi ini dan mengeksekusinya. Karena para PSM ini sangat diperlukan dalam memaksimalkan program-program pemerintah,” kata Aye. (*)