Puluhan Murid SD Citra Almadina Purus Padang Divaksin

71

Hingga pukul 10.17 wib, sudah terdaftar 72 siswa SD Citra Almadina Padang yang ingin divaksin Covid-19. Pencapaian ini akan meringankan kegiatan vaksin ke dua kali nantinya.

“Sejak diwajibkan vaksinasi terhadap anak usia 6-11 tahun oleh Pemerintah, baru hari ini kita melaksanakannya. Sebab, kita perlu melakukan pendekatan persuasif kepada anak dan kedua orangtua/wali murid. Alhamdulillah, di SD Citra Almadina yang siswa kelas 1 hingga kelas 6 berjumlah 150 siswa, vaksinasi ini mendapat tanggapan antusias,” ujar Ketua Yayasan Citra Almadina, Emma Yohanna, didampingi Kepala SD Citra Almadina, Rimita Ningsih SE MPd, Senin pagi (21/2/2022), di Kelurahan Purus.

Pihak sekolah membatasi jumlah peserta vaksinasi pertama tersebut, agar tidak membeludak betul. “Selain itu agar anak-anak kita ini tidak terlalu lama menunggu giliran divaksin, juga supaya mereka tidak merasa terpaksa, merasa takut. Harus benar-benar kesadaran dari anak-anak, dan dari oran tuanya,” ujar Uni Emma.

Dan ternyata, siswa SD Citra Almadina juga sudah ada yang divaksin secara mandiri. Hal ini dilaporkan oleh orang tua murid saat sosialisasi vaksin covid.

“Selain 72 anak kita yang divaksin hari ini, ternyata, sudah ada 22 murid kita yang sudah vaksin secara mandiri. Hal ini menggembirakan hati kita, sebab orang tua wali murid sudah memahami pentingnya vaksin covid untuk anak mereka,” ujar Uni Emma yang juga Anggota DPD RI ini.

Baca Juga:  2 Tersangka: Mantan Kiper SP Masih Saksi, Diduga Aniaya Anggota Brimob

Meski masih ada murid yang belum vaksin, pihak manajemen SD Citra Almadina tidak melarang murid belajar tatap muka (PTM) di sekolah. “Kita sekolah swasta, semua kebijakan dilakukan sendiri, tapi dengan cara sebaik-baiknya. Jadi kita tetap melaksanakan belajar tatap muka dengan mengatur prokes dengan seksama. Apalagi kita di sini kelas kecil, hanya 10 sampai 12 murid dalam satu ruangan belajar,” ujar Rimita Ningsih, menimpali.

Zulfan orang tua Andrezta (11) dan Kirani (9)  mengatakan, ia membolehkan putra dan putrinya divaksin dengan alasan ikut aturan pemerintah sebagai warga negara yang baik. “Yang kedua, niatan lillahita’allah…. Berserah diri pada Allah semoga ke depannya aman-aman saja. Amiinn,” ujarnya.

Vaksinasi di SD Citra Almadina bekerja sama dengan tenakes dari Puskesmas Padang Pasir, Padang Barat. Setelah divaksin, setiap anak diberi print out kartu vaksinasi yang telah memiliki barcode. Pada pembukaan acara hadir dan juga memberi sambutan Kapolsek Padang Barat AKP Gusdi dan jajaran, Lurah Purus Al Banna SSTP, dan UPT Puskesmas Dinkes Padang.(hsn)