1 Rumah, 4 Petak Kontrakan Terbakar

37
Api berkobar di Jalan Simpangharu II, RT 01 RW 02, kemarin (20/10). (IST)

Satu unit rumah permanen dan empat petak kamar kontrakan di kawasan padat penduduk Jalan Simpangharu II, RT 01 RW 02 Kelurahan Simpangharu, Kecamatan Padang Timur, ludes terbakar, kemarin (20/10) sekitar pukul 08.30.

Informasi yang dihimpun Padang Ekspres, kebakaran diduga akibat arus pendek atau korsleting listrik. Akibat kejadian tersebut, satu orang mengalami luka bakar pada bagian punggung. Sementara total kerugian material ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Saksi mata, Misra, 54, kepada Padang Ekspres mengatakan, dia melihat ada asap di sekitar lokasi kejadian pukul 08.30. Awalnya dia mengira asap tersebut karena seseorang membakar sampah.

“Tapi ternyata kebakaran karena saya dengar ada orang berteriak ada kebakaran. Tak lama setelah itu, asap semakin mengepul di bagian atap rumah yang terbakar. Kemudian terlihat kobaran api semakin membesar,” katanya di lokasi kejadian.

Sementara itu, korban Kebakaran, Yuliana, 37, menuturkan, sebelum kejadian dia sedang berada di dalam rumah. Saat itu, dia sedang memberi makan anaknya. “Saat saya lagi mandi, terdengar suara orang berteriak ada kebakaran. Kemudian saya ambil anak saya lalu lari ke luar rumah. Setelah berada di luar rumah, ternyata rumah saya yang terbakar dan kobaran api membesar sehingga atap rumah ambruk ke bawah,” ujarnya.

Baca Juga:  6 Pendaftar Lolos Seleksi Administrasi Calon Sekko

Dia menambahkan, akibat kebakaran tersebut, rumah berlantai dua dan empat petak kamar kontrakan miliknya ludes. Dia memperkirakan, total kerugian material ditaksir mencapai Rp 500 juta.

“Barang-barang ludes terbakar semuanya. Termasuk motor. Kerugian sekitar Rp 500 juta. Adik saya juga mengalami luka bakar pada bagian punggung dan telah dilarikan ke rumah sakit,” imbuh Yuliana.

Terpisah, Kapolsek Padang Timur AKP Afrides menyebut, hasil penyelidikan sementara, kebakaran terjadi diduga akibat arus pendek atau korsleting listrik. “Untuk korban jiwa tidak ada. Namun, satu orang keluarga korban mengalami luka bakar pada bagian punggung,” ujar AKP Afrides.

Kepala Dinas Pemadam (Damkar) Kota Padang Dedi Henidal didampingi Kabid Operasional Basril mengatakan, pihaknya mengerahkan sembilan unit armada dan 80 orang personel pemadam kebakaran untuk memadamkan api.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati. Terutama terkait dengan arus pendek, bila hendak pergi meninggalkan rumah, masyarakat kami minta agar mematikan atau mencabut arus listrik seluruh peralatan elektronik,” imbau Dedi. (i/err)