Yel-yel “Andre Rosiade Gubernur” Bergema di Pasar Belimbing Padang

16

Keinginan warga Sumbar untuk menghadirkan perubahan kembali terlihat saat Anggota DPR RI Andre Rosiade mengunjungi Pasar Belimbing, Kecamatan Kuranji, Kota Padang bersama Wali Kota Padang Hendri Septa, Minggu (20/2/2022). Teriakan yel-yel “Andre Rosiade Gubernur” menggema di pasar rakyat di kompleks Perumnas Belimbing yang besar itu.

Andre Rosiade datang ditemani sejumlah anggota Fraksi DPRD Sumbar dan DPRD Kota Padang. Terlihat hadir Anggota Fraksi Gerindra DPRD Sumbar Evi Yandri Rajo Budiman, Ketua Fraksi Gerindra DPRD Padang Mastilizal Aye dan dua anggota Fraksi Gerindra Muzni Zen dan Manufer Putra Firdaus. Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang Andree Algamar juga tampak menemani.

Sejak Andre Rosiade dan rombongannya sampai di pasar yang cukup ramai itu, banyak warga yang sadar dan mengajak Andre berdialog. Bahkan, tak sedikit yang meminta berfoto bersama dengan anggota Komisi VI DPR RI itu. Andre pun tampak tak canggung berdiskusi dengan pedagang, pengunjung, sampai pengelola pasar.

Tokoh masyarakat Kuranji Zulfa Hendri menyebutkan, kedatangan Andre Rosiade memang sudah sangat ditunggu-tunggu warga. Apalagi, mereka sudah banyak yang tahu, Andre Rosiade membantu Wali Kota Padang untuk mendapatkan dana revitalisasi Pasar Belimbing yang sudah dibangun sejak tahun 1990-an.

“Pak Andre Rosiade sangat dikenal di Sumbar, khususnya di Kota Padang dan Kuranji. Beliau adalah wakil rakyat yang sering turun ke lapangan melakukan penjaringan aspirasi dan juga memberikan bantuan. Jadi tak heran, banyak warga yang kenal, bahkan mengelu-elukannya menjadi Gubernur Sumbar,” kata Ketua RW 3 Kelurahan Kuranji ini.

Menariknya, teriakan “Andre Rosiade Gubernur” dan “Hidup Andre Rosiade!” itu terus menggema diselingi dukungan terhadap Wako Padang Hendri Septa. Dua tokoh muda di Ranah Minang ini mendapatkan sambutan yang hangat, apalagi disebut akan membangun Pasar Belimbing lebih baik.

Baca Juga:  Ketua PMI Padang Apresiasi Serikat Pekerja Semen Padang

Wako Padang Hendri Septa mengatakan, Andre Rosiade sangat berperan dalam pembangunan Pasar Belimbing. Anggota Komisi VI itu telah memasilitasi pembangunan pasar dengan dukungan APBN sebesar Rp4 miliar dari Kementerian Perdagangan RI. “Insya Allah selesainya diperkirakan Oktober mendatang. Semoga pelaksanaannya berjalan dengan lancar dan sesuai harapan,” ungkap Wali Kota.

Hendri Septa berharap dengan adanya revitalisasi Pasar Belimbing akan menjadikan pasar satelit yang representatif. “Kita semua berharap, dengan itu geliat perdagangan dan ekonomi warga kita semakin meningkat meski di tengah pandemi Covid-19 yang masih mewabah sampai saat ini,” kata Hendri Septa yang berterima kasih kepada Andre Rosiade.

Andre Rosiade mengaku terharu dengan sambutan hangat warga Kuranji, khususnya pedagang di Pasar Belimbing. Dia Menyebutkan, Pasar Belimbing adalah satu dari sejumlah pasar yang pembangunannya difasilitasinya di Sumbar. Dimana sebelumnya tahun 2010 telah dibangun dua pasar di Dharmasraya, Sijunjung dan Pesisir Selatan (Pessel).

“Alhamdulillah, tahun ini juga sudah dipastikan akan dilakukan revitalisasi bagi Pasar Belimbing dengan membangun sebanyak 24 kios dan 66 los atau hamparan untuk pedagang di pasar tersebut. Semoga Pasar Belimbing ini menjadi pasar yang lebih representatif dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” katanya.

Andre mengatakan, pembangunan Pasar Belimbing tersebut menyusul terbitnya Permendag Nomor 66 Tahun 2021 tentang Penugasan Bupati/Wali Kota Dalam Rangka Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan/Revitalisasi Sarana Perdagangan Berupa Pasar Rakyat dan Gudang Non Sistem Resi Gudang yang didanai APBN tahun anggaran 2022. (*)