Dilantik Fadli Zon, Dafrawira De Hansen Pimpin HKTI Padang

26

Ketua DPN HKTI Fadli Zon menyerahkan SK DPC HKTI Kota Padang kepada Dafrawira De Hansen didampingi Sekretaris Zulkifli Nurdin.

Tokoh muda Kota Padang, Dafrawira De Hansen dilantik Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (DPN HKTI) Fadli Zon sebagai ketua DPC HKTI Kota Padang periode 2022-2027, Jumat (18/3) di Hotel Truntum Padang. Bersama pengurus lainnya, HKTI Padang diharapkan menjadi organisasi yang bisa membantu para petani lebih sejahtera.

Dafrawira yang akrab disapa Adek Hansen ini mengakui, lahan pertanian di Kota Padang memang terus berkurang dari waktu ke waktu. Tertama dengan masifnya pembangunan perkantoran dan perumahan di Padang pinggir kota (Papiko). Namun, hal itu tidak menutup kemungkinan petani mendapatkan kesejahteraan, karena kebutuhan pasar yang tinggi.

“Apalagi kita sadar, agak susah menambah jumlah petani karena dianggap sebagai pekerjaan yang kurang keren. Untuk itulah, HKTI Padang akan mencoba menyosialisasikan pertanian kepada kaula muda, dengan menggandeng akademisi dan praktisi. Bahwa pertanian masih menjadi masa depan kita bersama,” kata Dafrawira De Hansen didampingi Sekretaris DPC HKTI Padang Zulkifli Nurdin dan Bendahara Indra Nepi.

Dafrawira menyebutkan, HKTI adalah wadah bagi petani yang terbukti mengoptimalkan hasil pertanian di Indonesia. Karena HKTI bertujuan untuk membantu meningkatkan kapasitas, harkat, martabat dan kesejahteraan insan tani serta pelaku agribisnis dan menjadikan sektor pertanian sebagai basis pembangunan nasional.

Salah satu yang akan dilakukan HKTI Padang dalam waktu dekat, sebut Dafrawira, adalah menyosialisasikan kembali penanaman sayur dan buah di pekarangan rumah-rumah warga. HKTI akan membagi-bagikan bibit gratis dan melakukan pemantauan berkala untuk memastikan semua tumbuhan tumbuh subur.

Baca Juga:  Dukung Pelestarian Lingkungan Padang, Wako Apresiasi BNI Tanam Pohon

“Kami akan coba di beberapa kompleks perumahan terlebih dahulu sebagai percobaan. Kalau sudah sukses, insya Allah akan kita kembangkan lebih luas dengan menggandeng Pemko Padang atau pihak swasta dan BUMN. Semoga bisa membantu masyarakat mengurangi biaya sehari-hari mereka,” kata Dafrawira yang juga Wakil Bendahara DPD Partai Gerindra Sumbar.

Ketua DPD HKTI Sumbar Feri Arlius, mengatakan, ke depan pihaknya akan mendorong pengembangan sektor pertanian di Sumbar. HKTI siap bersinergi dengan pemerintah daerah. “Kita ke depan akan siapkan rapat kerja dengan kabupaten/kota terkait program yang sudah kita susun,” ujar Dekan Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) Unand Padang ini.

Sementara itu, Wali Kota Padang yang juga Ketua Dewan Pembina HKTI Kota Padang Hendri Septa menyatakan Pemko Padang siap berkolaborasi dengan HKTI untuk kemajuan petani di Kota Padang. Dia juga mendukung Ketua DPC HKTI Kota Padang Dafrawira De Hansen untuk memastikan program-programnya berjalan lancar.

Ia menyebut luas lahan pertanian di Kota Pa­dang mencapai 5.200 hektare (ha). Dengan lahan yang cukup luas, menurutnya belum tergarap dengan maksimal. Sektor pertanian masih belum mampu menjadi sektor yang menopang ekonomi Kota Padang. “Ini jadi PR bagi kami, dan ke depan diperlukan sinergi dan kolaborasi untuk memanfaatkan ini demi kesejahteraan petani kita di Padang. Pastinya juga dengan HKTI Padang,” ujarnya. (*)