Nagari Digital Masjid (NDM): Cukup Scan Barcode, Sedekah Bisa di Mana pun

38
INOVATIF: Salah seorang warga sedang melakukan scan barcode Masjid Raya Sumbar di aplikasi NDM untuk bersedekah.(ADETIO/PADEK)

Bagi masyarakat yang ingin bersedekah atau berinfak ke masjid dan mushala, namun sedang berada jauh dari lokasi yang diinginkan, tak perlu khawatir karena ada produk digital Bank Nagari terbaru yaitu Nagari Digital Masjid (NDM) yang bisa memudahkan semua orang untuk bersedekah di mana pun dan kapan pun.

Jika berkunjung ke Masjid Raya Sumatera Barat (Sumbar), pasti akan melihat sejumlah barcode tertempel di kotak infak maupun di tiang-tiang masjid. Barcode-barcode tersebut merupakan salah satu cara inovatif dalam bersedekah dan berinfak saat ini.

Dengan barcode, masyarakat khususnya jamaah tak perlu khawatir jika tidak membawa uang tunai atau cash. Cukup menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), scan barcode yang tertempel, sedekah pun selesai diberikan dan masuk ke rekening masjid.

Momen perkembangan teknologi keuangan itu tak disia-siakan oleh Bank Nagari. Melalui produk digital terbaru yaitu Nagari Digital Masjid (NDM), masyarakat bisa memanfaatkan aplikasi tersebut untuk bersedekah dan berinfak di masjid atau mushala yang diinginkan.

Salah satu masjid yang memanfaatkan aplikasi tersebut adalah Masjid Raya Sumbar. Bahkan Masjid Raya Sumbar menjadi lokasi tempat peluncuran produk digital NDM yang dilaksanakan bulan Desember 2021 lalu.

Sejak diluncurkan, aplikasi NDM terbukti memberikan dampak positif terhadap peningkatan jumlah infak dan sedekah yang diterima oleh pengurus masjid. Bahkan, masyarakat khususnya perantau yang ingin bersedekah di Masjid Raya Sumbar bisa memanfaatkan aplikasi NDM tanpa harus datang langsung ke masjid.

Ketua Pengurus Masjid Raya Sumbar, Sobhan Lubis kepada Padang Ekspres, kemarin (21/3) mengatakan, pihaknya beberapa waktu yang lalu memang melakukan kerja sama dengan Bank Nagari melalui Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Sumbar terkait aplikasi NDM.

“Di sini (Masjid Raya Sumbar) ada beberapa layanan QRIS, salah satunya dari Bank Nagari. Apalagi saat ini ditambah dengan adanya aplikasi NDM yang memudahkan para jamaah,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, di aplikasi NDM sendiri, barcode Masjid Raya Sumbar sudah diinput sehingga bagi setiap jamaah yang ingin bersedekah dan berinfak bisa mencari informasi tentang Masjid Raya Sumbar lalu scan barcode-nya.

“Bahkan sejak adanya QRIS Bank Nagari dan aplikasi NDM, jumlah sedekah atau infak yang diterima sudah mencapai Rp 100 juta lebih. Memang ada kontribusi dari QRIS Bank lain, namun yang paling dominan itu Bank Nagari,” ungkapnya.

Tak hanya bisa bersedekah, masyarakat bisa mengetahui informasi terkait kegiatan keagamaan, sosial, dan lainnya di Masjid Raya Sumbar melalui aplikasi NDM. “Jadi segala informasi tentang Masjid Raya Sumbar bisa dilihat di aplikasi NDM termasuk pengelolaan keuangan kami,” ujarnya.

Lebih lanjut Sobhan menyampaikan, tentunya ke depan kerja sama antara Masjid Raya Sumbar dan Bank Nagari terus berlanjut sehingga bisa memberikan dampak positif kepada seluruh masyarakat di Provinsi Sumbar.

Sementara itu, salah satu pengguna NDM, Befaldo Angga, 32, mengaku bahwa aplikasi NDM sangat membantu dirinya ketika ingin bersedekah atau berinfak di masjid meski tanpa harus datang ke masjid tersebut.

“Tinggal cari saja masjid yang diinginkan di aplikasi NDM, lalu pilih fitur Donasi Sekarang, lalu scan barcode masjid tersebut,” jelasnya.

Baca Juga:  Ibu-ibu RW 05 Kelurahan Padangbesi Juara I Lomba Marandang

Terpisah, Direktur Utama (Dirut) Bank Nagari, Muhamad Irsyad mengatakan, beberapa waktu yang lalu, Bank Nagari bekerja sama dengan DMI Sumbar melahirkan suatu inovasi dalam hal digitalisasi informasi dan keuangan masjid atau mushala yakni dengan menciptakan aplikasi yang diberi nama NDM.

“Alhamdulillah, saat ini ada sekitar 4 ribu lebih masjid dan mushala di Provinsi Sumbar yang mempercayakan Bank Nagari untuk melakukan pengelolaan keuangannya dengan total saldo Rp 34 miliar lebih,” jelasnya.

Irsyad menyebutkan, aplikasi NDM sangat membantu masjid dalam mengelola keuangan karena aplikasi tersebut telah dilengkapi dengan fitur QRIS. “Dengan fitur itu maka masyarakat dapat membayar infak dan sedekah secara nontunai melalui mobile banking atau sarana bayar digital lainnya yang adanya QRIS,” ujarnya.

Melalui aplikasi NDM, masyarakat yang berada di Sumbar maupun yang di perantauan bisa dengan mudah menyumbangkan infak dan sedekah ke masjid atau mushala yang ingin dituju.

“Selain itu aplikasi ini juga memuat informasi terkini masjid dan mushala seperti foto masjid, fasilitas, legalitas, posisi keuangan, lokasi berbasis GPS, dan kegiatan masjid atau mushala baik religi, sosial, dan lainnya,” jelas Irsyad.

Dijelaskan, aplikasi teknologi digital NDM merupakan karya inovatif yang dibuat oleh karyawan dan pegawai muda yang ada di Bank Nagari. Aplikasi NDM merupakan dukungan terhadap pengembangan informasi publik berkaitan dengan keuangan masjid dan mushala.

Aplikasi NDM merupakan salah satu karya terbaik dari Bank Nagari yang dipersembahkan kepada masyarakat di Provinsi Sumbar. Melalui aplikasi tersebut bisa mewujudkan kerja sama yang lebih erat dan baik dengan DMI Provinsi Sumbar dalam pengelolaan keuangan masjid dan mushala.

Aplikasi NDM memberikan informasi-informasi kepada masyarakat terkait kondisi terkini dari masjid atau mushala berupa foto, lokasi berbasis GPS, posisi keuangan, legalitas masjid, fasilitas, serta kegiatan-kegiatan masjid baik itu kegiatan keagamaan, sosial maupun ekonomi.

Selain itu melalui aplikasi NDM ini orang bisa melihat kondisi keuangan masjid atau mushala termasuk fasilitas yang dimiliki oleh rumah ibadah tersebut. Aplikasi ini juga menjembatani DMI dengan pengurus masjid dan mushala.

“Aplikasi NDM efektif dalam menghimpun dana infak dan sedekah dari masyarakat baik yang ada di Sumbar maupun di daerah lainnya, bahkan sampai lintas negara melalui aplikasi QRIS nantinya,” kata Irsyad.

Ia menyebutkan, aplikasi NDM didukung oleh fitur-fitur donasi melalui barcode seperti QRIS dengan penggunaan yang sangat gampang atau mudah dilakukan oleh setiap masyarakat. Aplikasi ini juga sejalan dengan upaya penguatan ekosistem syariah dan roadmap peningkatan ekonomi syariah Indonesia tahun 2019-2024.

Lebih lanjut disampaikan, kehadiran aplikasi NDM ini bisa meningkatkan literasi masyarakat Sumbar tentang ekonomi syariah karena banyak masyarakat yang belum memahami tentang prinsip-prinsip ekonomi syariah.

Aplikasi NDM Bank Nagari sendiri saat ini sudah bisa didownload atau diunduh melalui google play atau playstore, dan AppStore. “Mudah-mudahan dengan kehadiran aplikasi ini bisa memberikan kontribusi bagi ekonomi syariah di Provinsi Sumbar,” tukasnya. (***)