Pasien Sembuh Capai 314 Orang

44
Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah. (Foto: IST)

Tingkat kesembuhan pasien positif Covid-19 di Kota Padang terus menunjukkan tren yang positif. Minggu (21/6), tercatat 5 pasien yang sembuh, sehingga total pasien sembuh di Kota Padang mencapai 314 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal merinci kelima pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh tersebut terdiri dari, seorang pria berusia 30 tahun, warga Kalumbuk, dan merupakan pekerja swasta. Sebelumnya pasien itu dirawat di RSUD Rasidin Padang.

“Pasien sembuh kedua wanita, 51, warga Paraklaweh dan seorang ibu rumah tangga (IRT). Sebelumnya ia dirawat di RSUD Rasidin Padang. Lalu, pria, 38, warga Mataair, bekerja sebagai pedagang di Pasar Raya. Ia sempat dirawat di RS Unand,” jelasnya.

Kemudian, pasien sembuh lainnya adalah seorang wanita, 45, warga Limaumanih, pekerjaan guru, dan pria, 47, warga Limaumanih, pekerjaan swasta, yang sempat dirawat di RS Unand.

Sementara untuk kasus pasien positif Covid-19, tidak ada penambahan. Dari 1.032 sampel swab yang diperiksa oleh Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi (FK) Unand dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso, tidak ada dari Kota Padang.

Sementara itu, Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah membenarkan angka kesembuhan pasien Covid-19 di Kota Padang terus meningkat. Begitu juga dengan jumlah kelurahan yang sudah bebas dari Covid-19 juga mengalami peningkatan.

Berdasarkan data terkini perkembangan kasus Covid-19 di Kota Padang pada laman website dinkes.padang.go.id tercatat sebanyak 25 kelurahan di Kota Padang yang telah dinyatakan bebas kasus positif Covid-19.

Ke-25 kelurahan tersebut adalah Kelurahan Anduring, Binuang Kampungdalam, Kubu Marapalam, Ujunggurun, Kotopulai, Tanjungsaba Pitameh, Jati, Lubukbegalung, Pasia Nantigo, Batugadang, Ganting Parak Gadang, Rawang, Ulakkarang Selatan, Bungus Timur, Airtawar Timur.

Lalu, Lubuk Minturun, Beroknipah, Bungus Barat, Batipuhpanjang, Cupak Tangah, Gurunlaweh Nan XX, Seberangpadang, Gunungsarik, Kapalokoto, dan Paraklaweh.
Untuk itu, Mahyeldi mengimbau kepada seluruh warga Kota Padang untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan menjaga imun tubuh. Karena, Kota Padang saat ini masih dalam kondisi wabah atau pandemi Covid-19.

Di sisi lain, kasus pasien positif Covid-19 di Kota Padang tercatat 502 kasus, yang terdiri dari 82 orang dirawat di rumah sakit, 29 orang isolasi mandiri di rumah, 54 orang isolasi di pusat karantina, 23 meninggal dunia, dan 314 orang dinyatakan sembuh.

Sementara untuk jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) terdapat 991 orang dengan rincian 924 selesai dipantau, 8 orang menjalani karantina, dan 50 orang isolasi mandiri di rumah.

Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kota Padang tercatat ada 445 orang dengan rincian 46 dirawat di RS, 50 orang isolasi mandiri di rumah, 297 orang negatif Covid-19, 45 orang positif Covid-19, dan 7 orang meninggal dunia. (a)