Satpol PP Gencarkan Patroli Wilayah

18
Personel Satpol PP Padang saat melakukan pengawasan di kawasan Pantai Padang yang berpotensi terjadinya pelanggaran trantibum di Kota Padang. (Foto: IST)

Untuk mengantisipasi dan menekan angka pelanggaran ketentraman masyarakat dan ketertiban umum (trantibum) di wilayah Kota Padang, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Padang melakukan patroli dan pengawasan secara intens di beberapa titik yang berpotensi terjadinya pelanggaran trantibum.

Kepala Satpol PP Kota Padang, Alfiadi mengatakan, pelanggaran trantibum di Kota Padang harus lebih dini diantisipasi baik dalam pengawasan fasilitas umum seperti trotoar dari pedagang kaki lima (PKL) serta kegiatan anak jalanan (anjal), pengemis, dan pak ogah yang sering mengganggu aktivitas lalu lintas.

Ia menambahkan, pengawasan juga dilakukan pada setiap tempat hiburan malam yang beroperasional tidak sesuai aturan serta para pelaku perbuatan yang berbaur maksiat yang jelas-jelas melanggar nilai dan norma yang berlaku di Kota Padang.

“Selain itu, Satpol PP juga harus selalu mengawasi masyarakat kita agar senantiasa tetap melaksanakan protap-protap kesehatan antisipasi penularan Covid-19 sesuai aturan dalam kondisi new normal yang tertuang dalam Peraturan Wali Kota (Perwako) Padang Nomor 49 Tahun 2020,” jelasnya.

Alfiadi menyampaikan, setiap personel Satpol PP Padang yang piket tugas diharapkan meminimalisir pelanggaran trantibum di Kota Padang. Menurutnya, Satpol PP harus bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk menjaga trantibum dari semua aspek.
“Kepada seluruh personel saya sampaikan agar selalu lakukan pengawasan di setiap lokasi-lokasi yang rawan pelanggaran, jangan sampai ada pembiaran terhadap pelanggaran perda,” ungkapnya.

Lebih lanjut Alfiadi mengatakan, untuk menekan angka pelanggaran tersebut, Satpol PP Padang harus gencar melakukan kegiatan patroli wilayah dalam rangka menciptakan kondisi yang aman dan tentram, serta tertib di wilayah Kota Padang.

Selain itu, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat agar jangan melakukan kegiatan yang dapat mengganggu ketertiban umum dan ketentraman masyarakat. Jika kedapatan melakukan petugas akan memberikan sanksi. “Jika kedapatan melakukan pelanggaran mereka akan kita tindak secara tegas sesuai aturan yang berlaku,” tegasnya. (a)