Dipicu Daya Beli Melemah, Cabai Merah Turun Drastis

Seorang pedagang cabai di Pasar Raya Padang menata dagangannya, kemarin. (IST)

Harga cabai merah di pasaran saat ini mengalami penurunan yang signifikan. Kondisi ini sudah terjadi sejak sepekan belakangan, ditenggarai oleh daya beli masyarakat yang melemah beberapa waktu terakhir.

Pantauan Padang Ekspres di Pasar Raya Padang, Selasa, (22/2) harga cabai merah berkisar Rp 30 ribu per kilogram sampai Rp 32 ribu per kilogram. Padahal sebelumnya sempat naik ke harga Rp 40 ribu per kilogram.

Pemilik Kios Anton Bur Blok II Pasar Raya Padang, Tinton Burhan, 38 mengatakan turunnya harga cabai merah mulai terjadi sejak sepekan belakangan. Saat ini harga cabai merah berada di angka Rp 30 ribu per kilogram.

“Beberapa hari belakangan harga cabai merah sempat mengalami kenaikan hingga Rp 40 ribu per kilogram. Namun, saat ini harga cabai merah kembali berangsur turun akibat permintaan pasar yang melemah akhir-akhir ini,” ungkapnya.

Dia menambahkan lemahnya daya beli masyarakat ke pasaran membuat penghasilan yang didapatkan menjadi berkurang dari hari-hari biasanya. “Omzet melemah sekitar 20 persen dari hari biasanya dan saya berharap pembeli bisa kembali ramai agar penghasilan bisa kembali stabil,” harapnya.

Di samping itu, lanjutnya, turunnya harga cabai merah juga mempengaruhi harga sejumlah jenis cabai lainnya di pasaran seperti harga cabai rawit dan cabai hijau. “Cabai rawit dari biasanya Rp 70 ribu per kilogram, turun ke Rp 44 ribu per kilogram dan cabai hijau dari Rp 28 ribu per kilogram, kini menjadi Rp 22 ribu per kilogram,” terangnya.

Tak hanya itu, turunnya harga cabai di pasaran juga mempengaruhi harga komoditas bumbu dapur lainnya yang ikutan turun, seperti bawang merah yang biasanya Rp 28 ribu per kilogram, kini Rp 24 ribu per kilogram.

“Kalau bawang putih justru mengalami kenaikan, biasanya Rp 22 ribu per kilogram sekarang Rp 24 ribu per kilogram dan untuk harga kentang masih stabil di angka Rp 10 ribu per kilogram,” papar Tinton.

Hal serupa juga diutarakan pedagang cabai Blok I Pasar Raya Padang, Rommy, 41. Dia mengatakan turunnya harga cabai merah hampir sepekan belakangan. Saat ini harganya berkisar antara Rp 30-32 ribu per kilogram dari biasanya Rp 40 ribu per kilogram.

Baca Juga:  Warga GPG: Kami akan Selalu Ingat Pak Andre dan Gerindra

“Saat ini pengunjung sangat sepi dan daya beli sangat lemah yang sudah terjadi dalam beberapa hari terakhir, sementara pasokan cabai merah cukup melimpah di pasaran. Akibatnya harga cabai merah mengalami penurunan,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang ibu rumah tangga, Ratna Dewi, 44 mengaku bersyukur karena harga cabai merah di pasaran telah mengalami penurunan beberapa hari terakhir.
“Alhamdulillah, harga cabai merah tersebut sudah berangsur turun, saya berharap harganya normal seperti saat ini. Sebab, kalau harganya terlalu tinggi tentu sangat memberatkan konsumen,” tukasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Syahrial Kamat mengatakan harga cabai merah beberapa hari terakhir terjadi kenaikan, kemudian saat ini sudah mengalami penurunan.

“Sebenarnya harga cabai merah yang turun dari Rp 40 ribu per kilogram ke Rp 30 ribu per kilogram itu masih berada pada posisi level aman. Jadi kisaran antara Rp 25 ribu sampai Rp 40 ribu tersebut masih relatif aman, baik untuk petani maupun konsumen,” tuturnya.

Dia mengatakan jika harga cabai merah sudah berada pada tingkat harga Rp 20 ribu per kilogram, hal ini justru baru mengakibatkan petani mengalami kerugian.
“Kalau petani rugi otomatis untuk bertanam kembali tentu akan enggan. Tapi kalau harganya masih membaik petani masih bergairah untuk bertanam,” ujar Syahrial.

Lebih lanjut, Syahrial menyebutkan, pihaknya mengharapkan harga cabai merah berada di level stabil, walupun di harga Rp 35 ribu per kilogram. Otomatis harga jual di tingkat pedagang akan ada kepastian.

“Yang diharapkan bukan harga tinggi atau rendahnya, akan tetapi jangan sampai berfluktuasi terlalu cepat dan tinggi. Pokoknya harga stabil atau win-win solution harus berada pada kisaran Rp 25-40 ribu per kilogram,” tandasnya. (r)

Previous articleBertemu Manajemen, Hansamu Minta Kepastian
Next articleJadi Pengedar Sabu, Dua Pasutri Diringkus