Farhan-Fazilatunnisa Duta Genre 2022

16
JUARA: Asisten 1 Setko Padang Edi Hasymi didampingi Kepala DP3AP2KB Padang Editiawarman bersama Duta Genre 2022.(IST)

Farhan dan Fazilatunnisa Maulidya mahasiswa/i Universitas Andalas (Unand) akhirnya terpilih sebagai Duta Genre Kota Padang tahun 2022.

Keduanya berhasil mengalahkan 50 finalis lainnya dari berbagai SMA dan perguruan tinggi negeri atau swasta di Kota Padang pada malam grand final yang dilaksanakan di Hotel Kyriad Bumiminang, Senin (21/2) malam.

Sementara runner up I diraih Risval Maulana Putra dari SMKN 3 Padang dan Khairatul Annisa dari UNP. Sedangkan runner up II diraih Afdil Fadli Dwi Putra dari MAN 2 Padang dan Salsabila Hana Corda dari SMA Adabiah 2 Padang.

Kemudian runner III diraih Dwito Devid Riandoni dari SMAN 12 Padang dan Naswa Ulfiyah Putri dari SMAN 14 Padang. Dan runner IV diraih Farid Fadhlurrahman dari SMA Semen Padang dan Dila Sofira dari UNP.

Malam grand final tersebut dihadiri Wali Kota Padang diwakili Asisten 1 Setko Padang Edi Hasymi, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Padang Editiawarman, Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar, Fatmawati, unsur Forkopimda, serta para tamu undangan lainnya.

Asisten 1 Setko Padang Edi Hasymi mengatakan program Genre merupakan wadah untuk mengembangkan karakter bangsa, karena mengajarkan remaja untuk menjauhi pernikahan dini, seks pra nikah dan Napza dan lainnya sehingga mereka dapat menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi bangsa dan negara.

Pemilihan Duta Genre ini adalah bukan sekadar gebyar tahunan belaka saja. Namun melalui ajang ini diharapkan para Duta Genre terpilih bisa menjadi pelopor dan motivator di tengah-tengah masyarakat nantinya.

“Kita berharap, para Duta Genre dapat menyosialisasikan program Genre di lingkungan sekolah atau kampus masing-masing. Serta dapat menjadi teladan bagi teman sebaya, keluarga dan di lingkungan masyarakat,” pesan Edi Hasymi.

Kepala DP3AP2KB Kota Padang Editiawarman mengatakan Duta Genre ini bertujuan untuk meningkatkan sosialisasi dan promosi program Genre di kalangan remaja, mahasiswa serta meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku yang positif dalam pengembangan diri, berkarakter dan berintegritas.

Baca Juga:  Marawa Beach Club Bikin Padang Makin Tacilak

Sebanyak 216 orang peserta mendaftar mengikuti Duta Genre ini, namun yang lolos seleksi di karantina sebanyak 50 orang atau 25 pasang. Mereka berasal dari SMA dan perguruan tinggi negeri maupun swasta di Kota Padang. “Kegiatan ini mulai dilaksanakan pada 1 Januari hingga 21 Februari 2022,” ujar Editiawarman.

Adapun materi yang diberikan meliputi fokus stunting, coaching clinic, enterpreneur, smart digital media dalam pandangan psikologi, public speaking dan lain-lain. Editiawarman berharap pemilihan Duta Genre ini menjadi titik awal dalam membentuk remaja-remaja Kota Padang menjadi remaja yang berkualitas dan berprestasi.

Maka oleh karena itu, ia berpesan kepada seluruh Duta Genre untuk dapat menjadi remaja yang tangguh dan berkontribusi dalam pembangunan, serta terhindar dari dampak pergaulan bebas seperti napza, pernikahan dini, seks pranikah dan lainnya.

Terpisah, Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar, Fatmawati mengatakan Kota Padang merupakan kota kedua yang menyelenggarakan pemilihan Duta Genre setelah Kota Payakumbuh.

“Saya mengapresiasi kegiatan ini. Ini menandakan Pemko Padang sangat mendukung anak-anak milineal, terkhusus Genre di Kota Padang,” ujarnya.

BKKBN terus berupaya menyiapkan generasi muda yang sehat dan terhindar dari berbagai permasalahan remaja dan menjadikan remaja yang produktif dan berkualitas, agar mampu meraih bonus demografi dan Indonesia emas tahun 2045.

Ia berharap Duta Genre Kota Padang bisa mengulang kesuksesan yang diraih Duta Genre Kota Padang tahun 2020, dimana meraih Duta Genre tingkat nasional. “Semoga Duta Genre Kota Padang bisa kembali mewakili Sumbar untuk pemilihan Duta Genre tingkat nasional dan meraih juara 1,” harapnya. (eri)