Warga Blokir Akses Truk Menuju Galian C

24
Sejumlah warga memblokir jalan menuju lokasi penambangan galian C di Sawahlaiang, Gunungsarik, Kecamatan Kuranji, kemarin (22/9). (IST)

Puluhan warga Sawahlaiang, Gunungsarik, Kecamatan Kuranji memblokir jalan yang dilewati truk pengangkut galian C di Sawahlaiang. Peristiwa itu terjadi, kemarin (21/9) sekitar pukul 11.30. Akibatnya truk-truk pengangkut tanah tersebut, tidak bisa melalui jalan tersebut.

Pantauan Padang Ekspres, warga yang kebanyakan kaum hawa itu tampak memblokir jalan yang dilalui oleh truk-truk pengangkut tanah galian C. Mereka membentangkan kursi, kayu dan meja untuk menghambat truk-truk yang lewat. Namun setelah salah satu pengurus tanah galian C dan petugas datang, truk-truk tersebut baru bisa melewat jalan itu.

Ketua Pemuda Sawahlaiang Hendri Putra, 40, mengatakan, masyarakat menuntut agar jalan yang rusak dan berlubang diperbaiki. Kemudian setiap truk yang membawa galian C menutup baknya dengan terpal agar tanah yang dibawa truk tidak berserakan di sepanjang jalan. “Bahkan, hal ini sudah disampaikan berkali-kali oleh warga, namun diabaikan sopir truk,” ujarnya.

Dikatakan, kalau tidak hujan, jalan harus disiram dua kali sehari agar tidak berdebu. Kemudian, kecepatan mobil truk 30 km per jam, alias tidak boleh ngebut. Lalu, jika hujan truk dilarang beroperasi dan pengusaha tambang dilarang menambang galian C.

Baca Juga:  Hari Ini Operasi Zebra Mulai Digelar

Babinsa Koramil 05/Pauh-Kuranji Serka Syafri menyebutkan, aksi demo tersebut akhirnya dilakukan upaya mediasi. Langkah mediasi melibatkan pihak tambang dan masyarakat.
Juga dihadiri Lurah Gunungsarik Zahardi, ketua RT dan ketua pemuda Sawahlaiang, koordinator tambang galian C dan tokoh masyarakat. “Dalam mediasi itu pihak koordinator tambang menyanggupi dan mengabulkan permintaan masyarakat dan akan memperbaiki jalan yang rusak tersebut,” ujar Syafril.

Sementara, Lurah Gunungsarik Zahardi mengatakan, aksi demo warga, khususnya warga Sawahlaiang RT 04/RW 04 ini berakhir melalui jalur mediasi. Ketua LPM Gunungsarik, Indra Mairizal Rj Bujang mengatakan, sepanjang jalan tersebut tidak diperbaiki maka tidak menutup kemungkinan akan terjadi aksi yang sama pada masa mendatang. “Kondisi jalan itu sudah memprihatinkan keadaannya dan butuh diperbaiki,” ujar Indra. (err)