Wako Raih Top Digital Awards Tahun 2021

7
PENGHARGAAN: Wako Padang, Hendri Septa dan Dirut Perumda Air Minum Kota Padang Hendra Pebrizal saat menerima penghargaan dari gelaran Top Digital Awards di Hotel Raffles Jakarta, Selasa (21/12).(IST)

Berkat kepiawaian dan tangan dinginnya dalam memimpin Kota Padang, Wali Kota Padang Hendri Septa terus menuai prestasi berupa penghargaan dari pemerintah pusat. Kali ini penghargaan dibawa pulang dari gelaran Top Digital Awards Tahun 2021 yang diadakan di Hotel Raffles Jakarta, Selasa (21/12).

Penghargaan yang diboyong ke Padang yakni Top Digital Implementation 2021 Level Stars 4 bagi Pemko Padang. Kemudian penghargaan Top Leader on Digital Implementation 2021 bagi Wali Kota Padang Hendri Septa.

Penghargaan Top CIO on Digital Implementation 2021 bagi Kepala Diskominfo Kota Padang Rudy Rinaldy. Serta penghargaan Top Digital Implementation 2021 Level Stars 4 kepada Perumda Air Minum Padang dan juga penghargaan Top Leader on Digital Implementation 2021 bagi Direktur Utama (Dirut) Perumda Air Minum Kota Padang Hendra Pebrizal.

Penghargaan tersebut diterima Wako Hendri Septa dari Ketua Dewan Juri Prof. Dr. Ing. Ir. Kalamullah Ramli, M. Eng bersama Ketua Penyelenggara M. Lutfi Handayani yang juga Pemred Majalah It Works di Dian Ballroom, Hotel Raffles Jakarta, Selasa (21/12).

Usai menerima penghargaan Wali Kota Hendri Septa menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Majalah It Works yang telah menggelar Top Digital Awards 2021.

Menurutnya, penghargaan dari Majalah IT Works itu sebagai bentuk pengakuan kepada Pemerintah Kota Padang yang selama ini telah mengimplementasikan serta memanfaatkan teknologi informasi dan digital yang lebih canggih.

“Ini adalah prestasi yang kita persembahkan kepada semua warga Kota Padang. Tanpa dukungan semua pihak dan berbagai elemen tentu penghargaan ini tak akan kita terima,” ujar Hendri.

Penghargaan yang diraih tersebut merupakan berkah atas capaian kinerja Pemko Padang dalam kurun waktu dua tahun belakangan. Di mana,saat ini Pemko Padang sudah mengembangkan sistem digitalisasi di hampir semua lini. Seperti transaksi keuangan, administrasi perkantoran, perizinan, maupun tanda tangan digital.

“Kita juga mengembangkan satu data melalui sistem digitalisasi yakni e-Payment untuk penagihan retribusi tower, serta pembayaran retribusi pasar dan pajak daerah pun sekarang dengan sistem online,” jelas Hendri Septa.

Di samping itu, penghargaan Top Digital Awards tersebut menunjukkan bahwa manajemen perusahaan yang dimiliki (Perumda Air Minum Padang) telah mengelola bisnisnya secara modern, profesional, dan lebih terpercaya dengan mengimplementasikan serta memanfaatkan teknologi informasi dan digital yang lebih canggih.

Orang nomor satu di Kota Bingkuang itu pun lantas mengapresiasi jajaran Perumda Air Minum Padang yang telah menjalankan tugas dan kewajibannya secara profesional sejauh ini.

“Ini adalah prestasi bagi kita semua warga Kota Padang. Tanpa dukungan semua pihak dan berbagai elemen tentu penghargaan ini tak akan kita terima,” ucap Hendri dengan gembira.

Baca Juga:  Sabu Milik Bandar Dicuri, Dua Pria Diringkus

Lebih jauh ia juga membeberkan ke depan akan tetap mengembangkan sistem digitalisasi, baik di jajaran Pemko Padang maupun di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) atau lainnya.
Top CIO on Digital Implementation

Kepala Diskominfo Padang Rudy Rinaldy yang meraih penghargaan Top CIO on Digital Implementation 2021menyebut, penghargaan yang diraih ini merupakan bukti konsistensi Pemko Padang di bawah wali kota dalam melaksanakan arahan presiden tentang percepatan transformasi digital di Kota Padang.

“Jaringan internet yang disediakan, diekspansi secara luas agar masyarakat dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan taraf perekonomian mereka,” ujarnya.

Menurutnya, diraihnya penghargaan tersebut berkat keberhasilan dalam mendorong terjadinya shifting transaksi konvensional menjadi transaksi e-money melalui berbagai program dan aplikasi.

“Digitasi menara telekomunikasi dan penciptaan aplikasi e-Payment untuk pembayaran retribusi menara merupakan hal yang mampu mengantarkan Kota Padang menjadi kota digital saat ini,” jelas Rudy.

Raih Top Leader on Digital Implementation 2021

Di tempat terpisah, Dirut Perumda Air Minum Kota Padang Hendra Pebrizal yang menerima penghargaan sebagai Top Leader on Digital Implementation 2021 mengatakan, tujuan dari penyelenggaraan Top Digital Awards, di antaranya mendorong peningkatan implementasi dan pemanfaatan solusi digital di instansi pemerintahan dan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Kemudian untuk mendukung peningkatan daya saing perekonomian nasional, menuju Indonesia yang maju dan sejahtera.

Hendra menyebutkan, ada beberapa kriteria yang digunakan untuk menentukan pemenang. Di antaranya, tata kelola TI (kebijakan, organisasi, penerapan sistem dan prosedur) sudah baik dan telah dijalankan secara konsisten, dengan perbaikan yang berkesinambungan.

Implementasi teknologi digitalnya sudah berhasil dan penggunaannya terpadu di semua divisi/unit kerja serta berdampak terhadap kinerja, daya saing, dan layanan pelanggan/masyarakat. Infrastruktur pendukung teknologi digital tersedia sesuai dengan kebutuhan saat ini dan dapat dikembangkan terus untuk kebutuhan di masa mendatang.

“Semoga keberhasilan ini makin mendorong semangat implementasi solusi dgital di Perumda Kota Padang,” harapnya.

Ketua Dewan Juri Kalamullah Ramli mengatakan penilaian dan penentuan pemenang dilakukan berdasarkan wawancara penjurian dan pengisian kuesioner. Keputusan penentuan pemenang dilakukan secara obyektif dan independen dalam sidang pleno dewan juri yang kredibel.

“Penghargaan tersebut diberikan atas kerja keras, profesional dan terkelolanya manajemen perusahan dengan baik, serta memanfaatkan sarana teknologi informasi. Baik oleh Wali Kota Padang maupun oleh segenap manajemen perusahaan daerah,” jelasnya.

Seperti diketahui, Top Digital Awards adalah kegiatan penghargaan tahunan di bidang TI, Telco dan Teknologi Digital yang terbesar dan paling komprehensif di Indonesia. (eri/eni)