Cabai Setan Meroket Rp 60 Ribu per Kg

22
MEROKET: Seorang pedagang kebutuhan pokok di Pasar Raya Padang sedang melayani pembeli.(DEWI/PADEK)

Harga cabai merah terus merangkak naik dalam beberapa waktu terakhir. Saat ini cabai merah dijual Rp 40 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp 36 ribu per kilogram.

“Ya, saat ini harga cabai merah Rp 40 ribu per kilo, sebelumnya Rp 36 ribu per kilo. Sementara cabai hijau masih sama seperti sebelumnya Rp 24 ribu per kilo,” ujar salah seorang pedagang cabai di Pasar Raya Padang, Mulyadi, 45.

Namun untuk harga cabai setan saat ini jauh melonjak dari sebelumnya. “Harga cabai setan saat ini mahal, satu kilo itu sekarang bisa mencapai Rp 55 ribu, bahkan ada yang menjual Rp 60 ribu per kilo,” tuturnya.

Menurut Eko Prasetio, 25, pedagang cabai lainnya mengungkapkan mahalnya harga cabai setan disebabkan kurangnya pasokan dari distributor.

“Sebenarnya yang paling banyak peminat cabai setan ini para penjual ayam goreng krispy. Untuk masyarakat biasa masih banyak yang membeli, namun tidak sebanyak biasanya,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang pedagang ayam krispy, Difo, 26 mengatakan mahalnya harga cabai setan membuat pedagang terpaksa mengurangi porsi cabai dari biasanya.

Baca Juga:  Jalan Bayang-Alahanpanjang Dilanjutkan

“Mau tidak mau kita harus kurangi porsi cabainya, karena tidak mungkin juga kita menaikkan harganya, yang ada nanti pelanggan komplen,” katanya.

Senada, Yadianto, 35, pedagang ayam krispy lainnya di Gunungpangilun mengatakan juga mengurangi porsi cabainya.

“Kebanyakan pembeli paham dan mengerti kenapa porsi cabainya kita kurangi dan sampai saat ini belum ada komplen dari pembeli,” ungkapnya.

Para pedagang ayam krispy berharap harga cabai setan bisa kembali normal, sehingga porsi cabai yang diberikan kepada pembeli bisa seperti biasanya. (cr4)