Pohon Tumbang Timpa Atap Rumah

15
Petugas TRC BPBD Padang mengevakuasi material pohon tumbang yang menimpa atap rumah warga, kemarin. (IST)

Hujan lebat disertai angin kencang yang melanda Kota Padang sejak Senin (22/6/2020) malam hingga kemarin (23/6/2020) pagi menyebabkan pohon tumbang di beberapa titik di Kota Padang.

Salah satunya menimpa rumah milik Nurman Zega, 47, warga RT 03 RW 06 Kelurahan Rawang, Kecamatan Padang Selatan rusak ringan akibat tertimpa pohon alpukat yang tumbang.

“Kejadiannya sekitar pukul 10.15, saat itu kami sekeluarga sedang berada di dalam rumah, tiba-tiba pohon alpukat yang berada di belakang rumah tumbang dan menimpa atap dapur,” ujar Nurman Zega.

Meski mengaku kaget dan berhamburan keluar rumah, namun ia bersama keluarganya dalam kondisi baik-baik saja. “ Alhamdulillah kami sekeluarga baik-baik saja namun kerugian materil akibat kejadian ini diperkirakan Rp 5 juta,” ungkapnya.

Sementara itu Kasi Kedaruratan BPBD Kota Padang Sutan Hendra mengatakan, pohon alpukat yang menimpa rumah keluarga Nurman Zega tersebut memiliki panjang 14 meter dengan diameter 65 cm.

“Usai menerima laporan dari masyarakat tim reaksi cepat (TRC) BPBD Padang langsung menuju lokasi untuk melakukan pembersihan dan pemotongan material pohon yang tumbang,” ujar Sutan Hendra.

Selain laporan dari keluarga Nurman Zega, pihaknya juga mendapatkan laporan pohon tumbang lain di beberapa titik kota Padang, Selasa (23/6). Pertama, kejadian pohon tumbang di Jalan Raya Padang-Painan tepatnya di Jalan Sungai Beremas RT 03 RW 09 Kelurahan Gates, Kecamatan Lubukbegalung. Pohon jenis kedondong dengan panjang 20 m dan diameter 85 cm itu tumbang menutup akses jalan.

Selanjutnya di Jalan Sutan Syahrir, Kelurahan Mataair, Kecamatan Padang Selatan. Pohon Mahoni dengan panjang 12 m dan diameter 50 cm tumbang menutup akses jalan. Di Jalan Rimbodata, Kelurahan Kampungbaru, Kecamatan Lubukbegalung, pohon cemara dengan panjang 12 m dan diameter 40 cm tumbang menghambat akses jalan.

Serta pohon jambu dengan panjang 12 m dan diameter 50 cm yang berada di Jalan Raya Padang-Painan tumbang menghambat akses jalan.

“Kejadian tersebut disebabkan oleh hujan lebat disertai angin kencang yang melanda Kota Padang sejak kemarin (Senin/23). Kami mengimbau agar masyarakat selalu berhati-hati dalam kondisi cuaca yang tidak menentu seperti saat ini,” tutur Sutan Hendra. (err)