Tiga Pemancing Belum Ditemukan

Tim Basarnas Padang kembali menyisir perairan laut Kota Padang bahkan hingga ke perairan Painan untuk mencari keberadaan tiga orang pemancing yang hilang. (IST)

Tiga orang pemancing yang hilang di laut pascaterbaliknya kapal yang ditumpanginya di perairan Pulau Gosong Kota Padang Minggu (21/6/2020) lalu, masih belum ditemukan.

Tim Basarnas Padang dibantu oleh tim penyelamat lainnya bahkan sampai menyisir ke perairan Painan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) untuk mencari keberadaan 3 orang tersebut.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kota Padang, Asnedi saat dihubungi Padang Ekspres, Selasa (23/6/2020) mengatakan, pada pencarian hari ketiga yang dilakukan Basarnas Padang bersama tim gabungan terhadap 3 orang pemancing tersebut masih belum membuahkan hasil.

Pada hari ketiga pencarian, tiga kapal Basarnas Padang dibantu dua kapal dari Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolair) Polresta Padang, dan satu kapal pencarian lainnya dikerahkan untuk mencari tiga orang pemancing yang hilang sejak Minggu malam lalu.

“Untuk hari ketiga ini, kami mulai melakukan pencarian dari pagi hari sampai pukul 18.00. Namun sampai saat ini, masih nihil. Jika cuaca kembali buruk, maka kami akan hentikan dan lanjutkan esok hari,” ujarnya.

Asnedi menyebutkan, pada hari ketiga pencarian, tim gabungan melakukan penyisiran di sekitar kawasan Pulau Gosong Padang sampai ke perairan Painan, karena berkemungkinan 3 orang tersebut sampai ke kawasan tersebut.

“Untuk pencarian tiga orang yang masih hilang, sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) maka pencarian dilakukan selama 7 hari. Jika masih belum ditemukan, maka kami akan berbicara kepada pihak keluarga terkait penghentian pencarian,” jelasnya.

Untuk saat ini kendala utama yang dihadapi oleh tim SAR gabungan adalah kondisi cuaca buruk yang terjadi sejak beberapa hari terakhir. Kondisi tersebut membuat pencarian menjadi terganggu lantaran gelombang tinggi dan jarak pandang saat terbatas saat melakukan pencarian.

“Namun pastinya kita akan terus berupaya dalam melakukan pencarian. Mudah-mudahan ketiga orang pemancing tersebut bisa ditemukan dalam keadaan selamat,” harapnya.

Diberitakan sebelumnya, satu unit kapal yang mengangkut pemancing sebanyak 13 orang dilaporkan terbalik pada Minggu (21/6) sekitar pukul 17.00 di perairan Gosong Gadang Kota Padang. Akibatnya, 10 orang penumpang sekaligus kru kapal tersebut sempat terombang-ambing di lautan sebelum berhasil diselamatkan oleh petugas Basarnas Padang.

Akan tetapi, 3 dari 13 orang yang juga berada di atas kapal, dilaporkan hilang dan masih belum bisa diketahui keberadaan mereka. Petugas dari Basarnas Padang setelah mendapatkan laporan, langsung melakukan pencarian terhadap penumpang yang masih hilang. (a)