Andre dan NA Resmikan Bak Air Raksasa Sungai Barameh

Anggota DPR RI Andre Rosiade saat bicara di hadapan warga Sungai Barameh, Kelurahan Gates Nan X, Kecamatan Lubukbegalung, Minggu (23/8/2020).

Anggota DPR RI Andre Rosiade bersama Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit dan sejumlah anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Sumbar dan DPRD Padang dijamu warga Sungai Barameh, Kelurahan Gates Nan X, Kecamatan Lubukbegalung, Minggu (23/8/2020). Mereka juga meninjau dan meresmikan bangunan bak air super besar yang bisa mengalir ke ratusan rumah warga.

Ketua Pemuda Sungai Barameh Bandrius menyebutkan, bangunan untuk air bersih ini sebenarnya telah berdiri sejak zaman Belanda. Namun, sudah cukup lama rusak dan hanya mampu mengairi sekitar 40-an rumah warga. Karena itu, mereka meminta bantuan kepada Andre Rosiade yang juga Ketua DPD Gerindra Sumbar. Akhirnya, dana senilai Rp181 juta dikucurkan melalui Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL).

“Bangunan ini sudah selesai dan dapat berfungsi dengan baik. Panjangnya 20 meter dan lebar 30 meter, tinggi 2,5 meter. Dinding bak air cukup tebal 22 cm dan mampu menampung air 218 m3 (kubik). Terima kasih pak Andre Rosiade yang telah membantu kami  dengan PKBL yang sangat bermanfaat ini,” katanya.

Bandrius menyebut, saat ini bak bisa mengairi 401 rumah warga dan bisa terus bertambah. Bahkan juga bisa mengairi kelurahah-kelurahan tetangga. Juga bisa digunakan untuk mendistribusikan air untuk kapal-kapal di Pelabuhan Teluk Bayur. “Air yang dialirkan ke rumah-rumah warga ini dapat menambah kas dari kepemudaan dan bisa dimanfaatkan untuk keperluan lainnya. Tentunya selain biaya operasional,” katanya.

Tokoh masyarakat, Amiruddin mewakili ninik mamak menyebutkan, Gates Nan XX memiliki jalan raya sepanjang 3 KM dengan penduduk 1.000 KK dengan hak pilih 3.000. “Kami di sini adalah petani, nelayan dan buruh pabrik. Orangnya selain dari Padang juga berasal dari Pessel, Pariaman, Agam dan Padangpanjang. Kami merasa sangat terbantu dengan program-program yang dibawa Gerindra, terutama Andre Rosiade. Terima kasih,” katanya.

Baca Juga:  60 Persen Sawah Rusak Diterjang Banjir

Andre Rosiade mengaku senang dengan maksimalnya pemanfaatan PKBL yang disalurkannya. Apalagi, bisa membantu ratusan warga Sei Barameh dalam memenuhi kebutuhan air bersihnya. Andre bertekad akan membantu warga selalu dalam memenuhi harapan tentang infrastruktur dan lainnya.

“Dulu kami pernah berkumpul dengan warga Sungai Barameh di tepi pantai. Menjaring aspirasi, baik soal air bersih dan juga jalan menuju lokasi pandam pekuburan warga. Alhamdulillah, keduanya bisa dipenuhi melalui CSR dari BUMN. Kami bersama kader Gerindra Kota Padang Dewi Susanti akan terus bersama warga Sungai Barameh,” kata ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini.

Nasrul Abit juga merasa salut dengan kekompakan warga Sungai Barameh yang bisa membangun bak penampungan air secara bersama-sama. Dia melihat, program air bersih ini bisa menjadi contoh untuk daerah-daerah lain yang kesulitan air bersih. “Kami ucapkan selamat kepada warga yang bisa melaksanakan program air bersih untuk ratusan KK ini,” kata calon Gubernur Sumbar ini.

NA mengatakan, andai diberikan amanah menjadi Gubernur, dia akan membangun fly over dari Gaung ke Taman Nirwana. “Agar tidak lagi ada kemacetan jalur Padang-Pessel. Kami juga akan bangun Fly Over, Indarung-Solok agar menghindari jalur Sitinjau Lauik. Kami juga akan mengatasi macet, selain melakukan recovery pascacovid-19,” kata Nasrul Abit. (rel)